Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran pada Diklat Calon Kepala Sekolah

Salam Dapodik News.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah berdampak pada dunia pendidikan terutama dalam penyelenggaraan pendidikan, oleh sebab itu kepala sekolah sebagai pemimpin dan penentu kebijakan harus mampu memahami Teknologi informasi dan Komunikasi dalam dunia pendidikan.

Tujuan dari materi ini adalah setiap calon kepala sekolah memiliki kemampuan dalam menerapkan dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ruang Lingkup materi dalam bahan pembelajaran ini meliputi:

  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam  pendidikan, 
  • Pengertian Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran .
  • Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran.
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.
TIK dalam Pendidikan adalah upaya mengintegrasikan teknologi digital ke dalam kegiatan belajar dan bekerja di sekolah. Hal ini dimungkinkan karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memaksa dunia pendidikan dalam beberapa aspek yang mendasar secara global, diantaranya:
  • TIK dalam mengembangkan sistem manajemen pendidikan dan proses pembelajaran di sekolah, 
  • TIK dalam Mengidentifikasi hasil belajar siswa yang spesifik  
  • TIK dalam mentransformasi aspek pendidikan di sekolah ke dalam tujuan-tujuan pendidikan
Model Pengembangan TIK dalam Dunia Pendidikan

TIK adalah adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. UNESCO (2004)
Pengembangan TIK dalam pembelajaran sangat dipengaruhi dengan perkembangan perangkat komputer. Fase perkembangan TIK dalam pembelajaran dibagi menjadi lima fase yaitu:
  1. Fase programming, drill and practice. Pada Tahap ini ditandai dengan munculnya penggunaan software yang menyajikan latihan-latihan praktis dan singkat,
  2. Fase computer based training (CBT), tahap ini adalah masa kejayaan dari penggunaan CD-ROM
  3. Fase Internet-based training (IBT), pada tahap ini internet digunakan sebagai media pembelajaran hanya berupa teks dan gambar
  4. Fase e-learning, tahap ini adalah tahap pematangan dari fase Internet Based Learning
  5. Fase  social software + free and open content, tahap ini ditandai dengan menjamurnya software pembelajaran dan konten pembelajaran yang gratis, mudah diakses baik oleh guru maupun siswa, dan dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan.
Dalam Renstra pendidikan disebutkan bahwa penerapan TIK dalam dunia pendidikan di indonesia melalui beberapa tahapan sebagi berikut: Merancang, Melakukan implementasi dan Memperluas implementasi.

Menurut UNESCO pendekatan mengenai pemanfaatan TIK pada dunia pendidikan dan sekolah melalui empat tahapan yang disebut dengan kontinum meliputi tahap Emerging, Applying, Infusing dan Transforming.

Tahapan bagaimana guru dan peserta didik percaya diri dalam mempelajari dan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam konteks kegiatan belajar mengajar adalah sebagai berikut: discovering,  learning how, understanding how and when, specializing dalam penggunaan perangkat TIK. 

Kemampuan Kepala sekolah dalam memanfaatkan Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran akan memudahkan kepala sekolah dalam mengelola pendidikan terutama pengelolaan peserta didik (baca: Materi pengelolaan Peserta Didik pada Diklat Calon Kepala Sekolah) dan pengelolaan supervisi.akademik (baca: Materi Pengelolaan Supervisi Akademik dalam Diklat Calon Kepala Sekolah)

Informasi Terbaru

Back To Top