Salam Dapodik News.
Selain penguasaan materi yang cukup, kemampuan dalam menjawab soal-soal uji kompetensi mata Pelajaran PPKn jenjang SMA/SMK juga ditentukan oleh pengetahuan akan kisi-kisi soal, karena soal yang diujikan merupakan penjabaran dari kisi-kisi soal yang telah disusun, Berikut komponen kisi-kisi soal uji kompetensi mata pelajaran PPKn Jenjang SMA/SMK sebagai pedoman dalam menyusun soal yang akan diujikan:
Selain penguasaan materi yang cukup, kemampuan dalam menjawab soal-soal uji kompetensi mata Pelajaran PPKn jenjang SMA/SMK juga ditentukan oleh pengetahuan akan kisi-kisi soal, karena soal yang diujikan merupakan penjabaran dari kisi-kisi soal yang telah disusun, Berikut komponen kisi-kisi soal uji kompetensi mata pelajaran PPKn Jenjang SMA/SMK sebagai pedoman dalam menyusun soal yang akan diujikan:
Standar Isi/Standar Kompetensi
- Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
- Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
- Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
- Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
- Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, social emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
- Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Mengidentifikasi bekal awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Mengidentifikasi karakteristik per-kembangan moral peserta didik
- Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
- Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
- Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu
- Memilih dan mengorganisasi materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
- Mengorganisasi materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.
- Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.
- Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
- Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen.
- Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan
Kompetensi Dasar
- Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
- Pendidikan Kewarganegaraan.Memahami substansi Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), nilai dan sikap kewarganegaraan (civic disposition), dan ketrampilan kewarganegaraan (civic skills)
- Menunjukkan manfaat mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Indikator Esensial
- Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik.
- Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam rangka pembentukan kelompok belajar
- Mengidentifikasi gaya belajar siswa dalam mengembangkan strategi pembelajaran
- Menganalisis KD mata pelajaran PPKn untuk disiapkan bahan, media, dan sumber belajar
- Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik untuk tindak lanjut pembelajaran
- Merancang pembelajaran remedial dan Pengayaan dalam pembelajaran dalam PPKn
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan moral peserta didik jenjang SMP dan SMA
- Menjelaskan teori behavioristik dalam pembelajaran PPKn
- Menjelaskan teori kognitif dalam pembelajaran PPKn
- Menjelaskan teori konstruktivistik dalam pembelajaran PPKn
- Menerangkan langkah langkah pembelajaran problem based learning
- Menjelaskan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn
- Menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn
- Menerapkan teori belajar konstruktivisme
- Menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum
- Mampu mengembangkan tujuan pembelajaran ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan
- Mampu memilih dan mengorganisasi materi pem-belajaran sesuai dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
- Mampu menganalisis materi esensial pembelajaran PPKn.
- Mampu menyusun instrument penilaian berdasarkan indikator
- Mengembangkan rubrik asesmen sikap dan keterampilan
- Mampu menjelaskan prinsip-prinsip ran-carangan pembelajaran PPKn.
- Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran dalam pembelajaran PPKn
- Mampu mengembangkan rancangan pembelajaran PPKn di kelas dan di luar kelas
- Mampu menyusun RPP secara lengkap dan tepat menurut kaidah yang berlaku.
- Mampu memilih media pembelajaran PPKn yang tepat.
- Mampu menciptakan rancangan pembelajaran yang kontekstual
- Mampu memilih model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar PPKn yang ada.
- Mampu menjelaskan prinsip-prinsip penilaian otentik
- Mampu menentukan aspek-aspek penilaian otentik
- Mampu mengolah hasil penilaian
- Menganalisis faktor kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesui dengan nilai-nilai Pancasila.
- Menganalisis upaya pemerintahan dalam penegakan dan perlindungan HAM menurut peraturan perundangan yang berlaku
- Menganalisis partisipasi masyarakat dalam pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM
- Menjelaskan bentuk Negara sesuai dengan UUD 1945
- Menjelaskan bentuk kedaulatan Negara menurut UUD 1945.
- Menjelaskan prinsip-prinsip sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila
- Menganalisis kendala dalam mengimplementasikan prinsip demokrasi di Indonesia.
- Menjelaskan subtansi PPKn