rpp kurikulum 2013 revisi

Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi PPGJ 2015 Mapel PPKn Jenjang SMA/SMK

Salam Dapodik News
Selain penguasaan materi yang cukup, kemampuan dalam menjawab soal-soal uji kompetensi mata Pelajaran PPKn jenjang SMA/SMK juga ditentukan oleh pengetahuan akan kisi-kisi soal, karena soal yang diujikan merupakan penjabaran dari kisi-kisi soal yang telah disusun, Berikut komponen kisi-kisi soal uji kompetensi mata pelajaran PPKn Jenjang SMA/SMK sebagai pedoman dalam menyusun soal yang akan diujikan:

Standar Isi/Standar Kompetensi 

  • Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. 
  • Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 
  • Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu 
  • Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. 
  • Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. 
  • Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan 
Kompetensi Guru Mata Pelajaran 

  • Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, social emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 
  • Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu 
  • Mengidentifikasi bekal awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu 
  • Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu 
  • Mengidentifikasi karakteristik per-kembangan moral peserta didik 
  • Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu. 
  • Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum 
  • Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu 
  • Memilih dan mengorganisasi materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran 
  • Mengorganisasi materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik. 
  • Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik. 
  • Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. 
  • Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen. 
  • Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan 
Kompetensi Dasar 

  • Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran 
  • Pendidikan Kewarganegaraan.Memahami substansi Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), nilai dan sikap kewarganegaraan (civic disposition), dan ketrampilan kewarganegaraan (civic skills) 
  • Menunjukkan manfaat mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. 
Indikator Esensial
  • Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik. 
  • Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam rangka pembentukan kelompok belajar 
  • Mengidentifikasi gaya belajar siswa dalam mengembangkan strategi pembelajaran 
  • Menganalisis KD mata pelajaran PPKn untuk disiapkan bahan, media, dan sumber belajar 
  • Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik untuk tindak lanjut pembelajaran 
  • Merancang pembelajaran remedial dan Pengayaan dalam pembelajaran dalam PPKn 
  • Mengidentifikasi karakteristik perkembangan moral peserta didik jenjang SMP dan SMA 
  • Menjelaskan teori behavioristik dalam pembelajaran PPKn 
  • Menjelaskan teori kognitif dalam pembelajaran PPKn 
  • Menjelaskan teori konstruktivistik dalam pembelajaran PPKn 
  • Menerangkan langkah langkah pembelajaran problem based learning 
  • Menjelaskan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn 
  • Menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn 
  • Menerapkan teori belajar konstruktivisme 
  • Menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum 
  • Mampu mengembangkan tujuan pembelajaran ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan 
  • Mampu memilih dan mengorganisasi materi pem-belajaran sesuai dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran 
  • Mampu menganalisis materi esensial pembelajaran PPKn. 
  • Mampu menyusun instrument penilaian berdasarkan indikator 
  • Mengembangkan rubrik asesmen sikap dan keterampilan 
  • Mampu menjelaskan prinsip-prinsip ran-carangan pembelajaran PPKn. 
  • Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran dalam pembelajaran PPKn 
  • Mampu mengembangkan rancangan pembelajaran PPKn di kelas dan di luar kelas 
  • Mampu menyusun RPP secara lengkap dan tepat menurut kaidah yang berlaku. 
  • Mampu memilih media pembelajaran PPKn yang tepat. 
  • Mampu menciptakan rancangan pembelajaran yang kontekstual 
  • Mampu memilih model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar PPKn yang ada. 
  • Mampu menjelaskan prinsip-prinsip penilaian otentik 
  • Mampu menentukan aspek-aspek penilaian otentik 
  • Mampu mengolah hasil penilaian 
  • Menganalisis faktor kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesui dengan nilai-nilai Pancasila. 
  • Menganalisis upaya pemerintahan dalam penegakan dan perlindungan HAM menurut peraturan perundangan yang berlaku 
  • Menganalisis partisipasi masyarakat dalam pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM 
  • Menjelaskan bentuk Negara sesuai dengan UUD 1945 
  • Menjelaskan bentuk kedaulatan Negara menurut UUD 1945. 
  • Menjelaskan prinsip-prinsip sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan Pancasila 
  • Menganalisis kendala dalam mengimplementasikan prinsip demokrasi di Indonesia. 
  • Menjelaskan subtansi PPKn
Kisi-kisi secara lengkap dapat di download di laman sergur.kemdiknas.go.id atau di: Kisi Uji Kompetensi Mapel PPKn Tahun 2015. semoga bermanfaat (Baca juga: Kisi-kisi Soal Kompetensi PPGJ 2015 Guru Mapel PPKn SMP)

Informasi Terbaru

Back To Top