Salam Dapodik News.
Uji Kompetensi PPGJ 2015 Mata Pelajaran Fisika Jenjang SMA terdiri dari Kompetensi Pedadogik dan Kompetensi Profesional.
Berikut disajikan kisi-kisi soal uji kompetensi mata pelajaran fisika sebagai sumber acuan dalam membuat soal berdasarkan Standar Isi/Kompetensi, Kompetensi Guru Mapel, dan Kompetensi Dasar yang diuraikan ke dalam Indikator Essensial untuk dijadikan butir soal yang akan di ujikan, sebagai berikut:
Uji Kompetensi PPGJ 2015 Mata Pelajaran Fisika Jenjang SMA terdiri dari Kompetensi Pedadogik dan Kompetensi Profesional.
Berikut disajikan kisi-kisi soal uji kompetensi mata pelajaran fisika sebagai sumber acuan dalam membuat soal berdasarkan Standar Isi/Kompetensi, Kompetensi Guru Mapel, dan Kompetensi Dasar yang diuraikan ke dalam Indikator Essensial untuk dijadikan butir soal yang akan di ujikan, sebagai berikut:
Standar Isi/Standar Kompetensi
- Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
- Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
- Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
- Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
- Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
- Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Fisika
Kompetensi Guru Mapel
- Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
- Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu..
- Menerapkan berbagai pendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
- Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.
- Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
- Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
- Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.
- Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
- Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
- Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
- Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dansantun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain.
- Memahami prinsip-prinsip penilaian danevaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
- Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
- Memahami konsep-konsep, hukum- hukum, dan teori-teori fisika serta penerapann ya secara fleksibel.
- Memahami proses berpikir fisika dalam mempelajari proses dan gejala alam.
- Memahami struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu Fisika dan ilmu-ilmu lain yang terkait.
- Menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskrips ikan proses dan gejala alam.
- Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum fisika.
- Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembang an bidang ilmu fisika dan ilmu- ilmu yang terkait.
- Merancang eksperimen fisika untuk keperluan pembelajaran atau penelitian.
- Melaksanakan eksperimen fisika dengan cara yang benar
Baca juga : Kisi Kisi Soal Uji Kompetensi PPGJ 2015 Guru Penjaskes
Kompetensi Dasar
- Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
- Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
- Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu
- Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
- Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.
- Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
- Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
- Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
- Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain.
- Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
- Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
- Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
- Menerapkan prinsip penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri)
- Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus
- Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
- Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari
- Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
- Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari
- Mendeskripsikan momentum dan impuls, hukum kekekalan momentum, serta penerapanny a dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup
- Menganalisis besaran- besaran fisis gelombang tegak dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata
- Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
- Menganalisa gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapanny a pada berbagai kasus.
- Menganalisis rangkaian arus bolak- balik (AC) serta penerapannya
- Memahami fenomena efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari
- Menyajikan informasi tentang pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan
- Mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
- Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
- Menyajikan data dan informasi tentang kapasitor dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
- Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
- Menyajikan ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda)
- Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
- Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa
- Memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep gaya, dan kekekalan energi
- Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi, energi alternatif, dan dampaknya bagi kehidupan
- Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor
- Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus
- Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
- Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan konduktivitas kalor
- Merencanakan dan melaksanakan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas
- Merencanakan dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya.
- Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan
- Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan gerak parabola dan gerak melingkar
- Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
- Melaksanakan pengamatan induksi magnet dan gaya magnetik di sekitar kawat berarus listrik
- Memahami fenomena induksi elektromagnetik berdasarkan percobaan
Baca juga: Kisi-kisi Soal Kompetensi PPGJ 2015 Guru Mapel PPKn SMP
Indikator Esensial
- Mengidentifikasi potensi yang dimiliki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran Fisika
- Mengidentifikasi prasyarat pengetahuan awal peserta didik dalam mata pelajaran Fisika
- Menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan topik atau tujuan pembelajaran
- Menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan topik FISIKA
- Menentukan tujuan pembelajaran suatu topik FISIKA yang sesuai dengan kompetensi dasar
- Menetapkan materi ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran FISIKA
- Menentukan urutan penyampaian materi pembelajaran berdasarkan hirarki materi FISIKA sesuai tututan KD
- Menentukan cara yang tepat untuk malaksanakan kegiatan belajar di laboratorium sesuai topik FISIKA
- Memilih media yang tepat untuk melaksanakan pembelajaran sesuai topik, potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya
- Memilih kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan topik dan pengembangan potensi dan kreativitas peserta didik
- Memilih teknik bertanya sesuai dengan tujuannya
- Menerapkan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran topik FISIKA
- Memilih teknik penilaian proses sesuai tujuan pembelajaran
- Memilih teknik penilaian hasil belajaran sesuai tujuan pembelajaran
- Menetapkan permasalahan yang harus diselesaikan berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil belajar
- Menentukan hasil pengukuran menggunakan aturan angka penting dari hasil pengukuran panjang suatu benda menggunakan mikrometer sekrup
- Menentukan resultan sejumlah vektor
- Mendiagnosis percepatan rata-rata gerak dari grafik kecepatan terhadap waktu
- Menyimpulkan material yang memiliki koefisien elastisitas paling besar dari grafik tentang hubungan antara gaya dan regangan dari beberapa bahan
- Memberikan contoh peristiwa perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
- Menentukan sifat-sifat bayangan dari data benda yang ditempatkan dengan jarak tertentu dari cermin (cembung/cekung).
- Mendiagnosis permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari dengan menggunakan hukum kekekalan energi
- Menentukan kecepatan akhir setelah tumbukan dari ilustrasi dua benda bermassa yang berinteraksi satu sama lain
- Menghubungkan konsep temperatur absolut dengan kecepatan rata-rata gas ideal dalam perhitungan
- Menyeleksi frekuensi nada-nada yang dihasilkan dari gambar gelombang tegak suatu senar
- Menggunakan persamaan bunyi untuk menentukan intensitas bunyi dalam ruangan berdasarkan data tingkat bunyi yang diukur alat pengukur
- Menentukan besaran fisis (gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik) dari kasus fisis terkait gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik
- Mendiagnostik bentuk Hukum Ohm yang sesuai untuk menghitung besaran fisis yang lain dari data tegangan arus bolak-balik, dan induktansi induktor murni
- Memprediksi beda potensial yang diperlukan untuk menghentikan partikel yang dipancarkan oleh permukaan logam tertentu
- Menampilkan informasi pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan dari fakta tentang radioaktivitas
- Memutuskan fakta-fakta lain yang sesuai dengan keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton dari fakta-fakta terkait gerak planet dalam tatasurya
- Memilih aktivitas yang sesuai dengan pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
- Menyusun informasi tentang manfaat kapasitor dalam kehidupan sehari-hari
- Mendeteksi jenis gerak lurus dari grafik yang mengilustrasikan gerak lurus suatu benda
- Memilih gagasan aplikasi dari konsep gerak melingkar
Baca juga: Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi PPGJ 2015 Mapel PPKn Jenjang SMA/SMKItulah ringkasan kisi-kisi soal uji kompetensi mata pelajaran fisika jenjang SMA tahun 2015, melalui pengkajian kisi-kisi soal secara menyeluruh terutama indikator essensial diharapkan guru mendapatkan berbagai ilustrasi bentuk soal yang akan diujikan sehingga memiliki alternatif persiapan dalam menjawab pertanyaan. Kisi-kisi soal uji kompetensi mata pelajaran fisika secara lengkap dapat di download dari laman sergur.kemdiknas.go.id atau klik disini