Kisi-kisi Soal Kompetensi PPGJ 2015 Guru Mapel PPKn SMP

Salam Dapodik News. Soal Uji Kompetensi Mata Pelajaran PPKn jenjang SMP dalam PPGJ 2015 dibuat berdasarkan kisi-kisi soal Uji Kompetensi Mata Pelajaran PPKn jenjang SMP, yang terdiri dari Standar Isi/Standar Kompetensi, Kompetensi Guru Mapel, serta Indikator Essensial. 

Pengetahuan akan kisi-kisi uji kompetensi akan memudahkan seorang guru dalam memprediksi soal yang akan diujikan. 

Berikut adalah ringkasan kisi-kisi uji kompetensi mapel PPKn jenjang SMP dalam PPGJ 2015

Standar Isi/Standar Kompetensi
  1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. 
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 
  3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu 
  4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. 
  5. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. 
  6. Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan 
Kompetensi Guru Mapel 
  1. Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, social emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 
  2. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu 
  3. Mengidentifikasi bekal awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu 
  4. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu 
  5. Mengidentifikasi karakteristik per-kembangan moral peserta didik 
  6. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu. 
  7. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum 
  8. Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu 
  9. Memilih dan mengorganisasi materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran 
  10. Mengorganisasi materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik. 
  11. Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik. 
  12. Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. 
  13. Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen. 
  14. Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan 
Kompetensi Dasar 
  1. Mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu 
  2. Memahami materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran 
  3. Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara 
  4. Memahami sejarah perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945 
  5. Memahami isi alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
  6. Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 
  7. Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI 
  8. Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender 
  9. Memahami pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika 
  10. Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa 
  11. Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
  12. Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional 
  13. Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia 
  14. Memahami Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
  15. Memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
  16. Memahami unsur-unsur NKRI
  17. Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa 
  18. Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
  19. Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 
  20. Memahami perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai- nilai Pancasila 
  21. Memahami masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahan-nya 
  22. Memahami konteks kesejarahan NKRI 
Indikator Esensial 
  1. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik. 
  2. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam rangka pembentukan kelompok belajar 
  3. Mengidentifikasi gaya belajar siswa dalam mengembangkan strategi pembelajaran 
  4. Menganalisis KD mata pelajaran PPKn untuk disiapkan bahan, media, dan sumber belajar 
  5. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik untuk tindak lanjut pembelajaran 
  6. Merancang pembelajaran remedial dan Pengayaan dalam pembelajaran dalam PPKn 
  7. Mengidentifikasi karakteristik perkembangan moral peserta didik jenjang SMP dan SMA 
  8. Menjelaskan teori behavioristik dalam pembelajaran PPKn 
  9. Menjelaskan teori kognitif dalam pembelajaran PPKn 
  10. Menjelaskan teori konstruktivistik dalam pembelajaran PPKn 
  11. Menerangkan langkah langkah pembelajaran problem based learning 
  12. Menjelaskan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn 
  13. Menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn 
  14. Menerapkan teori belajar konstruktivisme 
  15. Menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum 
  16. Mampu mengembangkan tujuan pembelajaran ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan 
  17. Mampu memilih dan mengorganisasi materi pem-belajaran sesuai dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran 
  18. Mampu menganalisis materi esensial pembelajaran PPKn. 
  19. Mampu menyusun instrument penilaian berdasarkan indikator 
  20. Mengembangkan rubrik asesmen sikap dan keterampilan 
  21. Mampu menjelaskan prinsip-prinsip rancangan pembelajaran PPKn. 
  22. Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran dalam pembelajaran PPKn 
  23. Mampu mengembangkan rancangan pembelajaran PPKn di kelas dan di luar kelas 
  24. Mampu menyusun RPP secara lengkap dan tepat menurut kaidah yang berlaku. 
  25. Mampu memilih media pembelajaran PPKn yang tepat. 
  26. Mampu menciptakan rancangan pembelajaran yang kontekstual 
  27. Mampu memilih model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar PPKn yang ada. 
  28. Mampu menjelaskan prinsip-prinsip penilaian otentik 
  29. Mampu menentukan aspek-aspek penilaian otentik 
  30. Mampu mengolah hasil penilaian 
  31. Menjelaskan tahapan perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara 
  32. Menunjukkan sikap perilaku sesuai nilai semangat para tokoh perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara. 
  33. Menjelaskan sejarah perumusan dan pengesahan UUD 1945 
  34. Menunjukkan sikap perilaku sesuai dengan pelaksanaan UUD 1945.dalam kehidupan sehari-hari. 
  35. Menjelaskan isi tiap alinea Pembukaan UUD 1945 
  36. Menerapkan makna isi pembukaan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. 
  37. Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat 
  38. Menjelaskan pentingnya norma bagi kehidupan bermasyarakat, bebangsa dan bernegara 
  39. Menunjukkan sikap perilaku sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. 
  40. Mengidentifikasi karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI. 
  41. Menunjukkan sikap positif dalam menjaga keutuhan daerah tempat tinggal karena bagian NKRI 
  42. Menjelaskan pentingnya menghormati keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender demi terciptanya kerukunan 
  43. Menunjukkan sikap perilaku saling menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender. 
  44. Menunjukkan perilaku hidup rukun dalam keberagaman du masyarakat 
  45. Menjelaskan pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika. 
  46. Menunjukkan sikap perilaku saling bekerjasama dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika 
  47. Menunjukkan contoh nilai Pancasila sebagai dasar negara 
  48. Menunjukkan contoh nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. 
  49. Menjelaskan tugas, fungsi dan wewenang lembaga Negara menurut UUD 1945 
  50. Menganalisis peran lembaga Negara dalam penyelenggaraan pemerintahan 
  51. Menjelaskan tata urutan peraturan perundangan menurut UU No. 12 Tahun 2011 
  52. Menganalisis prosedur penetapan perundangan-undangan di Indonesia. 
  53. Menjelaskan perbedaan norma dan kebiasaan antar derah di Indonesia 
  54. Menunjukkan contoh norma kebiasaan antar daerah di Indonesia 
  55. Mengidentifikasi macam-macam hak asasi menurut UUD 1945 
  56. Menganalisis kasus pelnggaran HAM di masyarakat menurut pasal-pasal UUD 
  57. Memberikan contoh upaya penegakan HAM di Indonesia 
  58. Mengidentifikasi kasus penggaran HAM di masyarakat 
  59. Menjelaskan makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
  60. Menunjukkan sikap perilaku menghargai keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
  61. Menjelaskan unsur-unsur terbentuknya NKRI 
  62. Menunjukkkan contoh bentuk dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara.. 
  63. Memberikan contoh dimanika perwujudan Pancasila sebagai padangan hidu 
  64. Menjelaskan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam UUD 1945. 
  65. Menunjukkan hubungan pokok pikiran pembukkaan UUD 1945 dengan sila-sila Pancasila 
  66. Menunjukkan hubungan pokok pikiran dengan pasal-pasal UUD 1945 
  67. Menjelaskan pentingnya hukum yang berlaku bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara 
  68. Menerapkan aturan hukum yang berlaku dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara 
  69. Menunjukkan sikap perilaku dalam bertutur kata menurut nilai-nilai Pancasila. 
  70. Menunjukkan contoh akibat bertutur kata/ berperilaku baik dan buruk sesuai dengan nilai- nilai Pancasila 
  71. Mengidentifikasi masalah-masalah dalam keberagaman masyarakat di Indonesia 
  72. Menjelaskan cara mengatasi konflik masalah masalah-masalah keberagaman di Indonesia 
  73. Menunjukkan contoh kasus konflik social masalah keberagaman di Indonesia. 
  74. Menjelaskan konteks kesejarahan NKRI berdasarkan konstitusi yang berlaku pada saat itu. 
  75. Menjelaskan konsep wawasan nusantara sebagai embrio kewilayahan NKRI 
Dengan mengetahui kisi-kisi soal diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai soal yang akan diberikan pada uji kompetensi.

Kisi-kisi soal secara lengkap dapat di download pada laman resmi PPGJ 2015 yaitu di sergur.kemdiknas.go.id atau langsung klik disini

Informasi Terbaru

Back To Top