10 Tips dan Trik Agar Siswa Sukses Ujian Nasional (UN)

Salam Dapodik News.
Ujian nasional tinggal beberapa waktu lagi akan dilaksanakan, diperlukan beberapa persiapan bagi para siswa agar mendapatkan hasil dengan baik dalam mengikuti ujian Nasional pada tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang. (Baca: Jadwal Pelaksanaan UN dan Kisi-Kisi Ujian Nasional tahun pelajaran 2014-2015)

Sebagaimana sudah diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, bahwa ujian nasional mmulai tahun 2015 tidak dijadikan penentu kelulusan,, melainkan sebagai ajang untuk memetakan perkembangan pendidikan yang ada di Indonesia.

Walaupun tidak dijadikan sebagai penentu kelulusan, ujian nasional masih merupakan tahapan penting bagi siswa/siswi untuk mengukur kemampuan belajar yang selama ini telah dilakukan. (Baca: Jadwal dan Tempat Pelaksanaan Ujian Nasional 2015)

Menjadi catatan yang sangat penting untuk dilakukan, agar dalam menghadapi ujian nasional perlu disikapi dengan cara biasa dan sewajarnya, serta melakukan upaya agar dapat melewati ujian ini dengan sukses dan penuh kejujuran, berikut akan disajikan beberapa tips untuk mulai memperiapkan diri menghadapi ujian:
  1. Tekadkan niat untuk bisa mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh dan penuh kejujuran.
  2. Tetapkan tujuan dan target harus lulus dengan hasil memuaskan
  3. Berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah
  4. Buatlah skala prioritas dan jadwal belajar untuk persiapan ujian
  5. Buatlah regu belajar
  6. Ikutilah pemantapan di sekolah atau bahkan tambahan les
  7. Latihan mengisi soal
  8. Tuliskan materi penting di tempat yang mudah dilihat
  9. Yakinkan pada diri sendiri bahwa ujian apapun itu mudah dan pasti berhasil melewatinya.
  10. Jagalah kesehatan dan kebugaran fisik, agar bisa mengikuti ujian dalam keadaan sehat dan segar.
Demikianlah beberapa tips untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. (Baca: Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (CBT) Tahun 2015). Tidak perlu terlalu banyak tips, karena percuma jika tidak dilakukan. Jadi, sebelum terlambat dan ketika waktu masih lapang, Selamat berjuang..!!

Informasi Terbaru

Back To Top