Salam Dapodik News. Soal Uji Kompetensi Mata Pelajaran PPKn jenjang SMP dalam PPGJ 2015 dibuat berdasarkan kisi-kisi soal Uji Kompetensi Mata Pelajaran PPKn jenjang SMP, yang terdiri dari Standar Isi/Standar Kompetensi, Kompetensi Guru Mapel, serta Indikator Essensial.
Pengetahuan akan kisi-kisi uji kompetensi akan memudahkan seorang guru dalam memprediksi soal yang akan diujikan.
Berikut adalah ringkasan kisi-kisi uji kompetensi mapel PPKn jenjang SMP dalam PPGJ 2015
Pengetahuan akan kisi-kisi uji kompetensi akan memudahkan seorang guru dalam memprediksi soal yang akan diujikan.
Berikut adalah ringkasan kisi-kisi uji kompetensi mapel PPKn jenjang SMP dalam PPGJ 2015
Standar Isi/Standar Kompetensi
- Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
- Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
- Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
- Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan
Kompetensi Guru Mapel
- Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, social emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
- Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Mengidentifikasi bekal awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Mengidentifikasi karakteristik per-kembangan moral peserta didik
- Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
- Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
- Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu
- Memilih dan mengorganisasi materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
- Mengorganisasi materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.
- Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.
- Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
- Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen.
- Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan
Kompetensi Dasar
- Mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Memahami materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
- Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara
- Memahami sejarah perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945
- Memahami isi alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
- Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
- Memahami pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika
- Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
- Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
- Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
- Memahami Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Memahami unsur-unsur NKRI
- Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
- Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Memahami perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai- nilai Pancasila
- Memahami masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahan-nya
- Memahami konteks kesejarahan NKRI
Indikator Esensial
- Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik.
- Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam rangka pembentukan kelompok belajar
- Mengidentifikasi gaya belajar siswa dalam mengembangkan strategi pembelajaran
- Menganalisis KD mata pelajaran PPKn untuk disiapkan bahan, media, dan sumber belajar
- Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik untuk tindak lanjut pembelajaran
- Merancang pembelajaran remedial dan Pengayaan dalam pembelajaran dalam PPKn
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan moral peserta didik jenjang SMP dan SMA
- Menjelaskan teori behavioristik dalam pembelajaran PPKn
- Menjelaskan teori kognitif dalam pembelajaran PPKn
- Menjelaskan teori konstruktivistik dalam pembelajaran PPKn
- Menerangkan langkah langkah pembelajaran problem based learning
- Menjelaskan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn
- Menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn
- Menerapkan teori belajar konstruktivisme
- Menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum
- Mampu mengembangkan tujuan pembelajaran ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan
- Mampu memilih dan mengorganisasi materi pem-belajaran sesuai dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
- Mampu menganalisis materi esensial pembelajaran PPKn.
- Mampu menyusun instrument penilaian berdasarkan indikator
- Mengembangkan rubrik asesmen sikap dan keterampilan
- Mampu menjelaskan prinsip-prinsip rancangan pembelajaran PPKn.
- Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran dalam pembelajaran PPKn
- Mampu mengembangkan rancangan pembelajaran PPKn di kelas dan di luar kelas
- Mampu menyusun RPP secara lengkap dan tepat menurut kaidah yang berlaku.
- Mampu memilih media pembelajaran PPKn yang tepat.
- Mampu menciptakan rancangan pembelajaran yang kontekstual
- Mampu memilih model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar PPKn yang ada.
- Mampu menjelaskan prinsip-prinsip penilaian otentik
- Mampu menentukan aspek-aspek penilaian otentik
- Mampu mengolah hasil penilaian
- Menjelaskan tahapan perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
- Menunjukkan sikap perilaku sesuai nilai semangat para tokoh perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara.
- Menjelaskan sejarah perumusan dan pengesahan UUD 1945
- Menunjukkan sikap perilaku sesuai dengan pelaksanaan UUD 1945.dalam kehidupan sehari-hari.
- Menjelaskan isi tiap alinea Pembukaan UUD 1945
- Menerapkan makna isi pembukaan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.
- Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat
- Menjelaskan pentingnya norma bagi kehidupan bermasyarakat, bebangsa dan bernegara
- Menunjukkan sikap perilaku sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengidentifikasi karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.
- Menunjukkan sikap positif dalam menjaga keutuhan daerah tempat tinggal karena bagian NKRI
- Menjelaskan pentingnya menghormati keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender demi terciptanya kerukunan
- Menunjukkan sikap perilaku saling menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender.
- Menunjukkan perilaku hidup rukun dalam keberagaman du masyarakat
- Menjelaskan pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika.
- Menunjukkan sikap perilaku saling bekerjasama dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika
- Menunjukkan contoh nilai Pancasila sebagai dasar negara
- Menunjukkan contoh nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
- Menjelaskan tugas, fungsi dan wewenang lembaga Negara menurut UUD 1945
- Menganalisis peran lembaga Negara dalam penyelenggaraan pemerintahan
- Menjelaskan tata urutan peraturan perundangan menurut UU No. 12 Tahun 2011
- Menganalisis prosedur penetapan perundangan-undangan di Indonesia.
- Menjelaskan perbedaan norma dan kebiasaan antar derah di Indonesia
- Menunjukkan contoh norma kebiasaan antar daerah di Indonesia
- Mengidentifikasi macam-macam hak asasi menurut UUD 1945
- Menganalisis kasus pelnggaran HAM di masyarakat menurut pasal-pasal UUD
- Memberikan contoh upaya penegakan HAM di Indonesia
- Mengidentifikasi kasus penggaran HAM di masyarakat
- Menjelaskan makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Menunjukkan sikap perilaku menghargai keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Menjelaskan unsur-unsur terbentuknya NKRI
- Menunjukkkan contoh bentuk dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara..
- Memberikan contoh dimanika perwujudan Pancasila sebagai padangan hidu
- Menjelaskan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam UUD 1945.
- Menunjukkan hubungan pokok pikiran pembukkaan UUD 1945 dengan sila-sila Pancasila
- Menunjukkan hubungan pokok pikiran dengan pasal-pasal UUD 1945
- Menjelaskan pentingnya hukum yang berlaku bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
- Menerapkan aturan hukum yang berlaku dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
- Menunjukkan sikap perilaku dalam bertutur kata menurut nilai-nilai Pancasila.
- Menunjukkan contoh akibat bertutur kata/ berperilaku baik dan buruk sesuai dengan nilai- nilai Pancasila
- Mengidentifikasi masalah-masalah dalam keberagaman masyarakat di Indonesia
- Menjelaskan cara mengatasi konflik masalah masalah-masalah keberagaman di Indonesia
- Menunjukkan contoh kasus konflik social masalah keberagaman di Indonesia.
- Menjelaskan konteks kesejarahan NKRI berdasarkan konstitusi yang berlaku pada saat itu.
- Menjelaskan konsep wawasan nusantara sebagai embrio kewilayahan NKRI
Dengan mengetahui kisi-kisi soal diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai soal yang akan diberikan pada uji kompetensi.
Kisi-kisi soal secara lengkap dapat di download pada laman resmi PPGJ 2015 yaitu di sergur.kemdiknas.go.id atau langsung klik disini
Kisi-kisi soal secara lengkap dapat di download pada laman resmi PPGJ 2015 yaitu di sergur.kemdiknas.go.id atau langsung klik disini