Universitas Indonesia (UI) Targetkan 51.000 Peserta Yang Akan Mengikuti Ujian SBMPTN 2015

Salam Dapodik News. Bagi anda yang telah lulus SMA/MA/SMK/MAK) dan sederajat tahun ini ataupun tahun sebelumnya dan ingin melanjutkan pendidikan anda ke Perguruan Tinggi Negeri, maka persiapkanlah diri anda sekarang juga karena Pada tanggal 11 s/d 29 mei 2015 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN) 2015 akan segera dimulai secara online, dimana Universitas Indonesia (UI) selaku Panitia lokal (panlok) menargetkan 51.000 peserta yang akan mengikuti ujian SBMPTN 2015 pada 9–11 Juni 2015 di wilayah DKI Jakarta dan Kota Depok. 

Bagi calon peserta, anda dapat mengakses ke laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id untuk melakukan pandaftaran di 74 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, mengatakan laman tersebut bisa diakses tanggal 11 Mei nanti jam 8 pagi hingga tanggal 29 Mei, jam 10 malam. Kita targetkan 51.000 peserta," kata

Selain UI, ada tiga PTN lainnya yang juga berstatus panlok 30 Jakarta–Wilayah I, yaitu Universitas Negeri jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) dan Universitasb Pembangunan Nasional ”Veteran” Jakarta (UPN).  dimana UI mengalokasikan 30 persen daya tampung atau sebanyak 1.367 kursi bagi calon mahasiswa UI dari jalur SBMPTN 2015. SBMPTN 2015 ini akan diikuti oleh siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK) dan sederajat, termasuk Paket C tahun 2013, 2014, dan 2015. 

Untuk itu bagi para calon mahasiswa yang ingin mengikuti SBMPTN 2015 harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan memilih wilayah ujian yang dilakukan secara online," ujar Riffely. untuk biaya seleksi peserta SBMPTN 2015 sebesar Rp 100.000 dan dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri dan Bank BNI. 

Berdasarkan pengalaman dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, maka pada tahun 2015 Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) akan tetap menyelenggarakan ujian tertulis SBMPTN 2015 yang dapat diikuti oleh siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/ MA/ SMK/ MAK) dan sederajat, termasuk Paket C tahun 2013, 2014, dan 2015.

Dimana ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan reliabilitas dan validitas yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan. Ada pun, poin-poin yang akan diuji pada SBMPTN 2015 antara lain 
  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), 
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD SAINTEK) dan 
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD SOSHUM). Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. 
Baca Juga : Materi Soal Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).Ujian tes Tertulis SBMPTN 2015
 Baca Juga : Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi Secara Daring (On-line) dan Berkas Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Siswa 2015
Baca juga : Ini Dia Kriteria Yang Berhak Menerima Program Dana Bantuan Bidikmisi 2015
Baca Juga :  Jangka Waktu Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi 2015
Sekian dan Terima Kasih semoga bermanfaat!!!!


Informasi Terbaru

Back To Top