Materi Pengelolaan Keuangan Sekolah dalam Diklat Calon Kepala Sekolah

Salam Dapodik News., Penerapan konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) secara menyeluruh diharapkan akan mempercepat tercapainya tujuan pendidikan nasional sesuai dengan amanat UUD, Unsur MBS terdiri dari tiga pilar utama yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain diantaranya adalah Manajemen Sekolah, Penerapan PAKEM, dan Peran Serta Masyarakat (PSM).

Tiga unsur dalam MBS pada pelaksanaanya akan saling memperkuat dan membuat sebuah lingkaran dimana Manajemen sekolah yang baik akan menuntut akuntabilitas publik, yang akan memicu tingkat peran serta masyarakat terhadap sekolah, yang akan meningkatkan pembelajaran yang PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).

Peran seorang kepala sekolah akan sangat strategis dalam meningkatkan partisipasi seluruh komponen sekolah termasuk, orang tua, dan masyarakat oleh sebab itu pengetahuan pengelolaan keuangan sekolah mutlak diketahui dan dikuasai oleh kepala sekolah.selain aspek-aspek manajerial lainnya.

Pada pelaksanaan pendidikan dan latihan calon kepala sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan kepala sekolah yang berkualitas, salah satu materi yang diberikan dan harus dikuasai dengan baik adalah pengelolaan keuangan sekolah,

Materi pengelolaan keuangan sekolah dalam diklat calon kepala sekolah meliputi tiga komponen yaitu:
  1. Mengidentifikasi sumber-sumber keuangan sekolah. Seorang calon kepala sekolah harus mampu menguasai  jenis-jenis keuangan sekolah, sumber-sumber pemasukan keuangan sekolah, memahami tujuan manajemen keuangan sekolah, dan prinsip-prinsip manajemen keuangan sekolah.
  2. Alokasi Keuangan Sekolah. Pada materi ini diharapkan seorang kepala sekolah mampu menempatkan keuangan sekolah sesuai dengan sumber dan harus dikeluarkan/alokasikan kemana, atau dengan kata lain setelah seorang kepala sekolah mengetahui sumber keuangan sekolah ia juga harus mengtahui keuangan itu harus mengalir kemana.
  3. Mekanisme Akuntabilitas Keuangan Sekolah, Kepala sekolah memahami setiap keuangan sekolah harus dilaporkan dan dipertanggungjawabkan sesuai dengan paraturan yang berlaku. Setiap keuangan sekolah akan dilaporkan dan dipertanggungjawabkan sesuai dengan sumber uang itu berasal.
Penguasaaan materi pengelolaan keuangan Sekolah oleh calon kepala sekolah, akan menentukan kualitas kepemimpinan sekolah, karena tingkat akuntabilitas sekolah biasanya akan sangat mudah dinilai dari tingkat pengelolaan keuangan sekolah tersebut. Penguasaan materi ini akan berkaitan erat dengan kompetensi kwirausahaan yang dapat anda dibaca pada postingan sebelumnya atau klik link berikut ini Materi Pelatihan Kompetensi Kewirausahaan Calon Kepala Sekolah.

Informasi Terbaru

Back To Top