rpp kurikulum 2013 revisi

Contoh Materi Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Kompetensi Dasar ,Dalam Seleksi Pengadaan CPNS

Salam Dapodik News. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2014 Tentang Tambahan Alokasi Formasi dan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2014. Pada Bab II Pasal 6 Ayat (1) yang menjelaskan bahwa Setiap pelamar yang memenuhi persyaratan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil wajib mengikuti tes, kecuali ditetapkan lain dalam peraturan perundang undangan. dan ayat
Ayat (2) Tes sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi : a. Tes kompetensi dasar; b. Tes kompetensi bidang. 
Baca Juga : Ini Dia Kisi Kisi Materi Tes Pengadaan CPNS, Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang
Test Kompetensi Dasar adalah test untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan sesorang jika dia bekerja atau memangku jabatan sebagai PNS. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Materi test kompetensi dasar (TKD) diantaranya meliputi :

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 
dimana dalam Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai:
  1. Integritas diri;
  2. Semangat berprestasi;
  3. Kreativitas dan inovasi;
  4. Orientasi pada pelayanan;
  5. Orientasi kepada orang lain;
  6. Kemampuan beradaptasi;
  7. Kemampuan mengendalikan diri;
  8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  9. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;dan
  11. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain. 
Integritas Diri
Contoh soal 
1. Saya menggunakan kendaraan dinas tanpa sepengetahuan Kepala Dinas pada hari libur. Secara tidak sengaja saya menabrakan kendaraan tersebut. Tindakan saya adalah :....... 
a. Diam-diam menyimpan kendaraan tersebut karena tidak seorang pegawai pun yang tahu kalau saya gunakan. 
b. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel, melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan serta menyerahkan segala keputusan kepada pimpinan 
c. Mencoba memperbaiki sendiri kendaraan tersebut
d. Melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan siap menerima hukuman/petunjuk dari pimpinan
e. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel atas biaya pribadi dan  mengembalikan dengan diam-diam
2. Saya dipercayakan mengelola kegiatan yang belum dipublikasikan dan masih harus dijaga kerahasiaannya. Ketika saya berada di antara teman-teman dekat dikantor, saya ......... 
a. Suka menerima masukan demi masukan dalam rangka pengembangan tugas baru saya 
b. Membicarakan hal-hal lain yang tidak ada kaitannya dengan tugas baru saya 
c. Membatasi pembicaraan agar tidak menyangkut ke hal-hal tugas baru saya
d. Akan segera gelisah dan kurang senang bila mereka memulai  membicarakan tugas baru saya
e. Akan mengalihkan ke pembicaraan lain apabila mereka sudah mulai menyinggung tugas baru saya. 
Semangat Berprestasi 
Contoh soal 
Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, saya senang .....
a. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi
b. Pekerjaan yang menumbuhkan kreatifitas baru
c. Pekerjaan rutin
d. Pekerjaan yang menantang
e. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih 
Orientasi pada pelayanan 
Contoh :
Ketika sedang melakukan presentasi, saya menerima pesan singkat (SMS) yang mengakarkan bahwa anak saya diopname di rumah sakit. Reaksi saya adalah .....
a. Menghentikan presentasi dan langsung menuju rumah sakit
b. Mencari tahu kondisi anak saya kemudian memutuskan apakah akan tetap 
presentasi atau ke rumah sakit
c. Membalas SMS dan melanjutkan presentasi
d. Menghentikan presentasi dan mencari tahu kondisi anak saya 
Kemampuan beradaptasi 
Contoh : 
Saya diutus mengikuti suatu diklat. Oleh panitia penyelenggara saya ditempatkan sekamar dengan orang yang tidak saya kenal yang berasal dari kota lain. Sikapsaya adalah ..... 
a. Mengajukan keberatan tetapi akhirnya menerima aturan panitia
b. Protes keras dan minta ditempatkan sendiri saja
c. Mengajukan keberatan dan minta ditempatkan dengan minimal orang yang dikenal
d. Menerima aturan panitia dan berusaha mengenal dan memahami teman sekamar
e. Menerima aturan panitia 
Kemampuan mengendalikan diri 
Contoh :
Dalam rapat staf dan pimpinan, pendapat saya dikritik keras oleh peserta rapat lainnya. Respon saya adalah .......
a. Mencoba sekuat tenaga mempertahankan pendapat saya
b. Menyerang semua peserta yang mengkritik pendapat saya
c. Mencoba mempelajari kritikan tersebut dan berbalik mengkritik dengan tajam
d. Menerima kritikan tersebut sebagai masukan
e. Diam saja 
Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas 
Contoh :
Saya ditugaskan di front office untuk melayani tamu pimpinan. Pada saat pimpinan saya tidak berada di tempat dan ada tamu pimpinan yang memerlukan keputusan segera, sikap saya adalah .... 
a. Mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan kebijakan umum pimpinan 
b. Tidak berani mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan saya
c. Ragu-ragu dalam mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan saya
d. Menunda-nunda pengambilan keputusan tanpa petunjuk atasan saya
e. Mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan karena keadaan sangat mendesak 
Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan 
Contoh :
Saya ditawarkan oleh pimpinan untuk melanjutkan studi di provinsi lain atas biaya kantor. Saat ini saya baru saja dikaruniai bayi kembar yang masih membutuhkanperhatian. Keputusan saya adalah 
a. Menolak tawaran tersebut
b. Menerima tawaran tersebut dengan konsekuensi mengikutkan keluarga merupakan tanggung jawab saya
c. Menerima tawaran tersebut dengan permohonan agar keluarga dapat ikut saya dengan tambahan biaya hidup
d. Menolak tawaran tersebut namun mohon kebijakan pimpinan jika ada 
kesempatan lagi saya dapat diikutkan
e. Menerima tawaran tersebut dan dengan berat hati meninggalkan keluarga 


8. Kemampuan bekerjasama dalam kelompok 
Contoh :
Draft laporan yang dibuat oleh tim kerja saya ditolak oleh atasan karena dianggap 
kurang visible. Sikap saya adalah ......
a. Segera melakukan perbaikan atas draft laporan dan mengajukan kembali
b. Menyalahkan rekan sejawat yang sama-sama mengerjakannya
c. Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut
d. Berusaha mencari alasan seperti sedikitnya waktu untuk mengerjakannya
e. Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki 
Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain 
Contoh :
Saya ditugaskan untuk memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Anggota tim kerja memperlihatkan sikap yang tidak peduli dengan tugas yangdiemban. Sikap saya adalah ...... 
a. Bekerja sendiri yang penting tugas selesai
b. Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius dari tim kerja
c. Melaporkan mereka pada pimpinan agar diberi sanksi
d. Membagi tugas secara adil dan memotivasi anggota untuk 
meyelesaikannya
e. Menasehati mereka agar sadar akan penyelesaian tugas yang diembannya. 
Orientasi kepada orang lain 
Contoh :
Saya sedang mengerjakan pekerjaan kantor yang harus selesai besok pagi. Tiba-
tiba datang teman datang dengan wajah cemberut dantampak ingin mengeluarkan
isi hatinya kepada saya. Atas kejadian itu saya ........ 
a. Memohon kepadanya untuk tidak mengganggu saya karena sedang sibuk
b. Meninggalkan pekerjaan saya dan mendengarkan ceritanya dengan penuh perhatian
c. Meninggalkan pekerjaan serta memberi berbagai alternatif penyelesaian
d. Tetap mengerjakan tugas sambil mendengarkan ceritanya
e. Meneruskan pekerjaan dan berusaha untuk tidak mempedulikan keinginan teman saya 
Kreativitas dan inovasi
Contoh :
Organisasi sedang mengalami permasalahn internal seputar manajemen keuangan. Pendapat saya terhadap kondisi ini adalah .....
a. Saya akan menjaga kerahasiaan permasalahan yang terjadi dan mencoba memberikan alternatif solusi kepada pimpinan.
b. Seharusnya pimpinan puncak dapat menindak tegas yang terlibat dalam masalah ini
c. Tidak mempersoalkan masalah tersebut karena bukan bagian tugas saya
d. Pastikan bahwa kepala keuangan bertanggungjawab penuh terhadap masalah ini
e. Perlu membeberkan permasalahan kepada seluruh jajaran organisasi. 
Baca Juga : Contoh Soal-Soal Tes Intelegensi Umum dalam, Tes Kompetensi Dasar, Untuk Pengadaan CPNS
Sekian dan Terima Kasih semoga Bermanfaat!!!
Tag: #BKN, #CPNS, #PNS, #TKB, #TKD, #TKP

Informasi Terbaru

Back To Top