Materi Pelatihan Kompetensi Kewirausahaan Calon Kepala Sekolah

Salam Dapodik News.
Selain itu, dalam Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah dinyatakan bahwa kepala sekolah/madrasah harus memiliki sertifikat sebagai kepala sekolah/madrasah bentuk legalitas kompetensi yang dimiliki oleh kepala sekolah/madrasah di mata umum.
Kompetensi adalah penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/sifat. Salah satu kompetensi itu adalah kompetensi kewirausahaan. seorang kepala sekolah yang memiliki kompetensi dalam kewirausaahaan akan menerapkan jiwa kewirausahaan dalam dunia pendidikan dalam arti bukan sisi komersial tetapi aspek sosial, dengan menerapkan jiwa seorang wirausaha dalam mengembangkan pendidikan seperti inovatif dalam mengembangkan sekolah, memiliki motivasi yang kuat, pantang menyerah dan bekerja keras.
Secara harfiah kewirausahaan adalah kemampuan menciftakan sesuatu yang baru (kreatif) atau memodifikasi sesuatu yang sudah ada dan dengan sungguh berusaha mewujudkannya sehingga mencapai tujuan yang diinginkan.
Ada dua jenis karateristik atau dimensi kewirausahaan 
Pertama, Kualitas Dasar Kewirausahaan meliputi daya pikir, daya qolbu/hati dan daya fisik 
Kedua, Kualitas Instrumental Kewirausahaan yaitu berupa penguasaan disiplin ilmu berup mono, antar maupun lintas disiplin.
Kompetensi kewirausahaan yang ditekan untuk kepala sekolah mencakup karakteristik kreativitas untuk selalu mencari alternatif penyelesaian yang terbaik, inovasi, bekerja keras, dan motivasi tinggi serta pantang menyerah.
Manfaat kompetensi kewirausahaan bagi Kepala sekolah/madrasah adalah: 
  1. Kepala Sekolah mampu menciftakan kreativitas serta inovasi inovasi untuk pengembangan sekolah/madrasah, 
  2. Selalu bekerja keras dan sungguh sungguh untuk menggapai keberhasilan sekolah/madrasah.
  3. Memiliki motivasi yang kuat dalam melaksanakan tupoksinya sebagai kepala sekolah/madrasah, 
  4. Pantang menyerah dalam menghadapai tantangan 
  5. Mencari solusi yang terbaik dari setiap permasalahan yang dihadapi sekolah
  6. Memiliki naluri kewirausahaan, sebagai sumber belajar siswa dan teladan bagi warga sekolah
Kompetensi kewirausahaan akan memiliki pengaruh yang kuat terhadap kemajuan pendidikan yang terkadang kompetensi ini selalu dikesampingkan. mudah-mudahan dengan ini calon kepala sekolah akan bersungguh-sungguh mengembangkan dan mengasah kompetensi kewirausahaan yang dimilikinya demi kemajuan pendidikan di Bumi Nusantara ini.

Informasi Terbaru

Back To Top