rpp kurikulum 2013 revisi

Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Mata Pelajaran Fisika SMA PPGJ 2015

Salam Dapodik News.
Uji Kompetensi PPGJ 2015 Mata Pelajaran Fisika Jenjang SMA terdiri dari Kompetensi Pedadogik dan Kompetensi Profesional.

Berikut disajikan kisi-kisi soal uji kompetensi mata pelajaran fisika sebagai sumber acuan dalam membuat soal berdasarkan Standar Isi/Kompetensi, Kompetensi Guru Mapel, dan Kompetensi Dasar yang diuraikan ke dalam Indikator Essensial untuk dijadikan butir soal yang akan di ujikan, sebagai berikut:

Standar Isi/Standar Kompetensi
  • Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  • Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  • Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
  • Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
  • Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
  • Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
  • Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. 
  • Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
  • Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Fisika
Kompetensi Guru Mapel
  • Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. 
  • Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.. 
  • Menerapkan berbagai pendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. 
  • Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu. 
  • Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. 
  • Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. 
  • Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik. 
  • Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
  • Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
  • Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
  • Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dansantun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain. 
  • Memahami prinsip-prinsip penilaian danevaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. 
  • Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. 
  • Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. 
  • Memahami konsep-konsep, hukum- hukum, dan teori-teori fisika serta penerapann ya secara fleksibel.
  • Memahami proses berpikir fisika dalam mempelajari proses dan gejala alam. 
  • Memahami struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu Fisika dan ilmu-ilmu lain yang terkait. 
  • Menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskrips ikan proses dan gejala alam. 
  • Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum fisika.
  • Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembang an bidang ilmu fisika dan ilmu- ilmu yang terkait.
  • Merancang eksperimen fisika untuk keperluan pembelajaran atau penelitian.
  • Melaksanakan eksperimen fisika dengan cara yang benar
Baca juga : Kisi Kisi Soal Uji Kompetensi PPGJ 2015 Guru Penjaskes
Kompetensi Dasar
  • Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
  • Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
  • Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
  • Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu
  • Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
  • Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.
  • Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
  • Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
  • Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
  • Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain.
  • Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
  • Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
  • Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
  • Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
  • Menerapkan prinsip penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri)
  • Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus
  • Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
  • Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari
  • Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
  • Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari
  • Mendeskripsikan momentum dan impuls, hukum kekekalan momentum, serta penerapanny a dalam kehidupan sehari-hari
  • Memahami teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup
  • Menganalisis besaran- besaran fisis gelombang tegak dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata
  • Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
  • Menganalisa gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapanny a pada berbagai kasus.
  • Menganalisis rangkaian arus bolak- balik (AC) serta penerapannya
  • Memahami fenomena efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyajikan informasi tentang pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan
  • Mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
  • Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
  • Menyajikan data dan informasi tentang kapasitor dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
  • Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
  • Menyajikan ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda)
  • Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa
  • Memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep gaya, dan kekekalan energi
  • Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi, energi alternatif, dan dampaknya bagi kehidupan
  • Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor
  • Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus
  • Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
  • Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan konduktivitas kalor
  • Merencanakan dan melaksanakan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas
  • Merencanakan dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya.
  • Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan
  • Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan gerak parabola dan gerak melingkar
  • Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
  • Melaksanakan pengamatan induksi magnet dan gaya magnetik di sekitar kawat berarus listrik
  • Memahami fenomena induksi elektromagnetik berdasarkan percobaan
Baca juga: Kisi-kisi Soal Kompetensi PPGJ 2015 Guru Mapel PPKn SMP
Indikator Esensial
  • Mengidentifikasi potensi yang dimiliki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran Fisika
  • Mengidentifikasi prasyarat pengetahuan awal peserta didik dalam mata pelajaran Fisika
  • Menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan topik atau tujuan pembelajaran
  • Menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan topik FISIKA
  • Menentukan tujuan pembelajaran suatu topik FISIKA yang sesuai dengan kompetensi dasar
  • Menetapkan materi ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran FISIKA
  • Menentukan urutan penyampaian materi pembelajaran berdasarkan hirarki materi FISIKA sesuai tututan KD
  • Menentukan cara yang tepat untuk malaksanakan kegiatan belajar di laboratorium sesuai topik FISIKA
  • Memilih media yang tepat untuk melaksanakan pembelajaran sesuai topik, potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya
  • Memilih kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan topik dan pengembangan potensi dan kreativitas peserta didik
  • Memilih teknik bertanya sesuai dengan tujuannya
  • Menerapkan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran topik FISIKA
  • Memilih teknik penilaian proses sesuai tujuan pembelajaran
  • Memilih teknik penilaian hasil belajaran sesuai tujuan pembelajaran
  • Menetapkan permasalahan yang harus diselesaikan berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil belajar
  • Menentukan hasil pengukuran menggunakan aturan angka penting dari hasil pengukuran panjang suatu benda menggunakan mikrometer sekrup
  • Menentukan resultan sejumlah vektor
  • Mendiagnosis percepatan rata-rata gerak dari grafik kecepatan terhadap waktu
  • Menyimpulkan material yang memiliki koefisien elastisitas paling besar dari grafik tentang hubungan antara gaya dan regangan dari beberapa bahan
  • Memberikan contoh peristiwa perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
  • Menentukan sifat-sifat bayangan dari data benda yang ditempatkan dengan jarak tertentu dari cermin (cembung/cekung).
  • Mendiagnosis permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari dengan menggunakan hukum kekekalan energi
  • Menentukan kecepatan akhir setelah tumbukan dari ilustrasi dua benda bermassa yang berinteraksi satu sama lain
  • Menghubungkan konsep temperatur absolut dengan kecepatan rata-rata gas ideal dalam perhitungan
  • Menyeleksi frekuensi nada-nada yang dihasilkan dari gambar gelombang tegak suatu senar
  • Menggunakan persamaan bunyi untuk menentukan intensitas bunyi dalam ruangan berdasarkan data tingkat bunyi yang diukur alat pengukur
  • Menentukan besaran fisis (gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik) dari kasus fisis terkait gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik
  • Mendiagnostik bentuk Hukum Ohm yang sesuai untuk menghitung besaran fisis yang lain dari data tegangan arus bolak-balik, dan induktansi induktor murni
  • Memprediksi beda potensial yang diperlukan untuk menghentikan partikel yang dipancarkan oleh permukaan logam tertentu
  • Menampilkan informasi pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan dari fakta tentang radioaktivitas
  • Memutuskan fakta-fakta lain yang sesuai dengan keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton dari fakta-fakta terkait gerak planet dalam tatasurya
  • Memilih aktivitas yang sesuai dengan pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
  • Menyusun informasi tentang manfaat kapasitor dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendeteksi jenis gerak lurus dari grafik yang mengilustrasikan gerak lurus suatu benda
  • Memilih gagasan aplikasi dari konsep gerak melingkar
Baca juga: Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi PPGJ 2015 Mapel PPKn Jenjang SMA/SMK
Itulah ringkasan kisi-kisi soal uji kompetensi mata pelajaran fisika jenjang SMA tahun 2015, melalui pengkajian kisi-kisi soal secara menyeluruh terutama indikator essensial diharapkan guru mendapatkan berbagai ilustrasi bentuk soal yang akan diujikan sehingga memiliki alternatif persiapan dalam menjawab pertanyaan. Kisi-kisi soal uji kompetensi mata pelajaran fisika secara lengkap dapat di download dari laman sergur.kemdiknas.go.id atau klik disini 

Informasi Terbaru

Back To Top