Salam Dapodik News.
Setelah Peserta Sertifikasi PPGJ Selesai Melaksanakan PKM, dimana Peserta PKM wajib melaksanakan dan membuat laporan PTK/PTBK sesuai dengan format dan waktu yang ditentukan dan disahkan oleh kepala sekolah dan dipublikasikan di perpustakaan/ruang baca sekolah.
Setelah Peserta Sertifikasi PPGJ Selesai Melaksanakan PKM, dimana Peserta PKM wajib melaksanakan dan membuat laporan PTK/PTBK sesuai dengan format dan waktu yang ditentukan dan disahkan oleh kepala sekolah dan dipublikasikan di perpustakaan/ruang baca sekolah.
Untuk selanjutnya peserta diminta untuk melaksanakan Uji Kinerja.(baca juga:Petunjuk/Alur Sertifikasi Guru melalui Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan(PPGJ) 2015)
Uji kinerja dilaksanakan di akhir PKM oleh Asesor LPTK Penyelenggara dan guru inti (supervisor setempat), peserta wajib menyerahkan perangkat pembelajaran (RPP/RPPBK) yang akan dipraktikkan pada saat uji kinerjaPeserta yang belum lulus ujian kinerja, diberikan kesempatan menempuh ujian ulang maksimum 2 (dua) kali. Uji kinerja dilaksanakan di sekolah cluster dan penetapannya disesuaikan dengan kondisi geografis setempat dan/atau disesuaikan dengan KKG dan MGMP. Perangkat Pembelajaran (RPP/RPPBK) diantaranya meliputi, Standar Kompetensi, Kompetensi Guru, Kompetensi Dasar dan Indikator Esensial. (baca juga:Pelaksanaan PKM Tahap Penting Dalam Pelaksanaan Sertifikasi Guru melalui PPGJ Tahun 2015)
Standar Kompetensi
- Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik,moral, spiritual, sosial, kultural,emosional, dan intelektual.
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
- Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
- Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
Kompetensi Guru
- Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Menerapkan berbagai pendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
- Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.
- Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
- Mengidentifikasi bekal- ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
- Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu
- Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
- Mengidentifikasi prasyarat pengetahuan awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu
- Menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan topik atau tujuan pembelajaran
- Menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan topik biologi
- Menentukan tujuan pembelajaran suatu topik biologi yang sesuai dengan kompetensi dasar
- Menetapkan materi ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran Biologi
- Menentukan urutan penyampaian materi pembelajaran berdasarkan hirarkhi materi biologi sesuai tututan KD
- Merancang skenario pembelajaran biologi secara runtut C6.
- Menentukan cara yang tepat untuk malaksanakan kegiatan belajar di laboratorium sesuai topik biologi
- Memilih media yang tepat untuk melaksanakan pembelajaran sesuai topik potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya(baca juga: Ujian Test Formatif (UTF) Bagi Peserta Sertifikasi Guru Melalui PPGJ 2015)
Kisi-kisi Soal Kompetensi Guru Untuk Jenjang Sekolah Dasar (SD) yang merupakan panduan dalam membuat soal uji kompetensi. berikut adalah Kisi–Kisi Kompetensi guru untuk jenjang Sekolah Dasar yang bisa anda Unduh. (Kisi-Kisi Jenjang Sekolah Dasar)
Sekian dan Terima Kasih Semoga bermanfaat!!!