Unsur Penting dalam Penyusunan Dokumen RPL - Rekaman Video Pembelajaran / Layanan Bimbingan

Salam Dapodik NewsPembelajaran/layanan bimbingan sesuai Kurikulum 2013 yang dibuktikan dengan rekaman video

Pendidik atau guru mata pelajaran diminta mampu mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam pembelajaran (dengan pendekatan saintifik). Dalam komponen ini seorang pendidik harus Mempunyai dan mengumpulkan rekaman video pembelajaran yang berdurasi  1 (satu) Jam Pelajaran. Rekaman video harus menggambarkan kemampuan dan Skill seorang Pendidik  dalam Menjabarkan atau mengimplementasikan kurikulum 2013.

Seorang  guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) harus mengumpulkan rekaman video yang menunjukkan bahwa guru BK/TIK telah melaksanakan layanan BK/ bimbingan TIK. dan  harus diketahui bahwa Video haruslah asli ataupun  orisinal yang berisi keterlaksanaan layanan BK/bimbingan TIK. Pendidik harus Membuat Video pembelajaran yang orisinal yang berisi keterlaksanaan langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik.

Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru.

Pendekatan saintifik merupakan kerangka ilmiah pembelajaran yang diusung oleh Kurikulum 2013. Langkah-langkah pada pendekatan saintifik merupakan bentuk adaptasi dari langkah-langkah ilmiah pada sains. Proses pembelajaran dapat dipadankan dengan suatu proses ilmiah, karenanya Kurikulum2013 mengamanatkan esensi pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik yang diwajibkan dalam pembejaran pada Kurikulum 2013 ini telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A tahun 2013 Lampiran IV. Berdasarkan permen tersebut, pendekatan saintifik ditempuh dalam 5 (lima) langkah. Langkah Langkah tersebut adalah : 
  1. Mengamati, 
  2. Menanya, 
  3. Mengumpulkan Informasi atau Eksperimen, 
  4. Mengasosiasikan Atau Mengolah Informasi , 
  5. Mengkomunikasikan.
Sekian dan terima kasih anda telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke laman kami, semoga informasi diatas  bermanfaat.

Informasi Terbaru

Back To Top