Kisi-kisi Soal Ujian Kinerja Mapel IPS PPGJ 2015

Salam Dapodik News. Untuk memperoleh sertifikat pendidik bagi guru dalam jabatan yang memenuhi persyaratan yang dilakukan melalui Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ). Sertifikasi guru melalui PPGJ tersebut menggunakan pola Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan beberapa penyesuaian. (baca juga: (Persyaratan Mengikuti PPGJ 2015)

Penyesuaian yang dilakukan tetap mengacu pada standar yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan yang melandasi pelaksanaan PPG. Bentuk Soal ujian PPGJ, yang dibuat dengan berpedoman pada kisi-kisi dengan standar kompetensi Menyelengarakan pembelajaran yang mendidik, dengan memuat 3 (tiga) kompetensi yaitu :
  1. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual,sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya
  2. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran IPS
  3. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS
adapun bentuk soal ujian ppgj yang dibuat berdasarkan kisi-kisi yang memiliki 3 buah indikator esensial diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Disajikan illustrasi pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, guru mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berhubungan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya.
  2. Disajikan illustrasi pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, guru dapat mengidentifikasi potensi peserta didik.
  3. Disajikan illustrasi pembelajaran IPS dengan pendekatan tematik, guru dapat mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik.
Berdasarkan pada indikator esensial, sudah dapat diprediksikan untuk Soal Ujian yang akan keluar nanti misalnya sebagai contoh dan penjelasannya adalah sebagai berikut :
  1. Berdasarkan indikator esensial di atas, bentuk soal uji kompetensi guru matapelajaran IPS yang dapat di tanyakan pada indikator 1 yaitu : menggunakan model pembelajaran kooperatif, guru mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berhubungan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya. Ilustrasi soal uji kompetensi guru berupa bagaimana guru dapat mengidentifikasi karasteristik peserta didik ditinjau dari segi aspek fisik, intelektualm sosial emosional, spritual dan latar belakang budaya. Maka dalam soal akan disajikan model pembelajaran kooperatif lalu guru diminta mengidentifikasi karasteristik peserta didik. Bentuk kesulitan soal berada pada aspek kemampuan koognitif blomm yaitu C4.
  2. Demikian pula untuk indikator ke 2 pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, guru dapat mengidentifikasi potensi peserta didik. Maka pertanyaan atau ilustrasi yang diberikan berupa model pembelajaran berbasis masalah guru dapat mengidentifikasi potensi yang dimiliki peserta didik. Seperti misalnya ketika memberikan pemebelajaran berbasis masalah, ada masalah yang diberikan terkait dengan pembelajaran IPS lalu diminta untuk mengidentifikasi kemampuan apa yang dapat di identifikasi berdasarkan masalah yang diberikan.
  3. Pada indikator 3, pembelajaran IPS dengan pendekatan tematik, guru dapat mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik. Maka soal uji kompetensi guru untuk indikator ini berbentuk ilustrasi pembelajaran tematik, guru diminta mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik. Karena menggunakan pendekatan tematik maka kemungkinan ada kaitan dengan Ekonomi, Geografi dan Sejarah, lalu guru diminta mengidentifikasi kesulitan belajar siswa yang dapat diamati oleh guru selama ini.(baca juga:Uji Kinerja Peserta Sertifikasi PPGJ 2015)
Sekian dan Terima Kasih Semoga Bermanfaat!!!

Informasi Terbaru

Back To Top