Salam Dapodik News. Pemilihan Kepala SMA Berprestasi merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2015. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi sampai Nasional. Pemilihan Kepala SMA Berprestasi tingkat nasional merupakan puncak acara yang direncanakan pada bulan Agustus 2015.
Adapun Rambu-Rambu Penilaian dalam Pemilihan kepala sekolah SMA/MA Berprestasi 2015 adalah sebagai berikut:
Kompensi : Kepribadian
Indikator
- Memiliki integritas kepribadian pemimpin.
- Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai gurdan guru dengan tugas tambahansebagai kepala sekolah.
- Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.
- Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah.
- Memiliki bakat dan minat sebagai pemimpin pendidikan.
Kompetensi Manajerial
Indikator
- Menyusun perencanaan sekolah.
- Mengembang kan organisasisekolah sesuai dengankebutuhan.
- Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal.
- Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajaran yang efekti binaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran
- Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
- Mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal.
- Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukunga ide, sumber belajar,dan pembiayaan sekolah.
- Mengelola kesiswaan dalam rangka penerimaan peserta didik baru, penempatan peserta didik, dan pengembangan kapasitas peserta didik.
- Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
- Mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien.
- Mengelola ketatausahaansekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
- Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan kesiswaan di sekolah.
- Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilankeputusan.
- Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah.
- Melakukan moni-toring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pro-gram kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindaklanjutnya
Kompetensi Supervisi
Indikator
- Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
- Melaksanakan supervisi akademik terhadap gurudengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yangtepat.
- Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap gurudalam rangka peningkatan profesionalis me guru.
Indikator
- Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah.
- Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakat an.
- Memiliki kepekaan sosial terhadaporang atau kelompok lain.
Kompetensi Kewirausahaan
Indikator
- Menerapkan nilai-nilai kewirausahaandalam menciptakaninovasi yang berguna bagipengembangan sekolah.
- Mengelola kegiatan produksi/jasa sebagai sumber belajar peserta didik.
Kompetensi Nilai Tambah
- Meningkatkan citra dan profesionalisme.
- Meningkatkan daya saing secara global.
- Menanamkan nilai-nilai nasionalisme.
Baca Juga : Ini dia Persyaratan Yang Harus Di Miliki Kepala sekolah SMA/MA Dalam Pemilihan Kepala Sekolah SMA/MA Berprestasi Tahun 2015Sekian dan Terima Kasih semoga Bermanfaat!!!