rpp kurikulum 2013 revisi

Contoh Soal-Soal Tes Intelegensi Umum dalam, Tes Kompetensi Dasar, Untuk Pengadaan CPNS

Salam Dapodik News. Test Kompetensi Dasar adalah test untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan sesorang jika dia bekerja atau memangku jabatan sebagai PNS. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil. 
Baca Juga : Ini Dia Kisi Kisi Materi Tes Pengadaan CPNS, Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang
Materi test kompetensi dasar (TKD) dintaranya adalah:
Tes Intelegensi Umum (TIU) 
dimana Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai: 
  1. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
  2. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka angka; 
  3. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis;dan  
  4. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
Berikut ini adalah contoh soal Tes Intelegensi Umum: 
A. Kemampuan verbal
Kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. 
Korelasi Kata 
Contoh soal : Mobil – Bensin = Pelari - ........
a. Makanan b. Sepatu c. Kaos d. Lintasan 
Sinonim 
Contoh :Baku = ..........
a. Perkiraan b. Standar c. Umum d. Normal e. Asli 
Antonim 
Contoh : Kendala = ……
a. Kekerasan b. Pendukung c. Manifestasi d. Bimbingan e. Gejala 
Pengelompokkan Kata 
Contoh : a. Membelah b. Memotong c. Membagi d. Memecah e. Memukul 
Jawabannya: memukul, semua jawaban menunjukkan “membagi menjadi 2”, kecuali memukul. 
B. Kemampuan Numerik
Kemampuan Numerik adalah Kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
Irama Bilangan 
Contoh :
4,5,6,7,8……….. angka selanjutnya adalah ....... Jawaban : 9, 10, 11 dst 
13, 15, 18, ………….angka selanjutnya adalah ..... Jawaban : 22, 27, 33 dst 
Deret Angka Huruf 
Contoh :
4,9,16,25, 36 ……. angka selanjutnya adalah ....... Jawaban : 49 
15,15,14,12,9,5,……angka selanjutnya ..... Jawaban : 0 
Seri Huruf
Contoh : 
a,b,c,f,e,d,g,h,i,l,k,j,m,………….seri selanjutnya adalah ....Jawaban : n,o Keterangan Jawaban : Pola 1= abc (urut) ; Pola 2= fed (terbalik) 
a, x, z, e, x,z,i, x,z,m, x, z, …….Seri selanjutnya adalah .......Jawaban : q,x Keterangan Jawaban : Pola 1= a,e,i,m dst. Dari huruf satu ke huruf selanjutnya abjad a, (bcd), e, (fgh),i, (jkl), m, (nop), q, dst Pola 2= xz,xz,xz, dst pola 2 diselipkan pada pola 1 Berhitung Cepat Contoh : 
699 : 66 x 3 = ………… Jawaban = 31,8 
87576 + 8997 = ………. Jawaban = 96573 Kuantitatif
Contoh : 
1. ½ +4x = 10, maka x =………..
Jawaban:
½ + 4x = 10
4x = 10 – ½ 
4x = 9 ½ 
x = 9 ½ : 4
x= 19/2 : 8/2
x = 9/8 
2. Hitung (x-1) (x-1), jika x = 1 !
Jawab:
= (x-1)(x-1)
= X
- 2x + 1
= (1)
- 2 (1) +1
= 1 – 2 + 1
= 0 
Aritmatika Sederhana
Contoh : 
Mr. Baron berumur 8 kali dari umur anaknya. Sedangkan Mrs. Yulia 6 kali umur si anak. Mereka menikah 10 tahun yang lalu. Umur berapa Mr. Baron menikah, bila waktu menikah perbandingan umur Mr. Baron dan Mrs. Yulia adalah 3
berbanding 2? 
Jawaban :
Waktu menikah, Mr. Baron 3 x, Mrs. Yulia 2 x, 10 tahun kemudian, si ayah  3x+10, Mrs. Yulia 2x + 10. Kini, umur Mr. Baron = 8y=3x+10, Mrs. Yulia = 6y = 2x + 10, x = 2y, maka, y = 5 umur maka Mr. Baron 40 tahun, dan Mrs. Yulia 30 tahun.
C. Kemampuan Teknikal
Kemampuan teknikal, ditujukan untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan kuantitatif dan logika analisis dalam bidang teknik secara umum.
Contoh :
1. Kecepatan mobil Adri 90 km per jam. Jarak Bogor-Jakarta 60 km. Jika Adri berangkat dari Bogor pukul 10, pukul berapa Adri akan tiba di Jakarta?
a. 11.30 
b. 11.00 
c. 10.30 
d. 10.40 
2. Sebuah pesawat terbang menempuh jarak 3 km dalam waktu 15 detik. Berapa kecepatan pesawat terbang tersebut ? 
a. 440 km/jam
b. 520 km/jam
c. 600 km/jam
d. 720 km/jam 

D. Kemampuan berfikir logis
Kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis dan ditujukan untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan berfikir logis, yaitu mencari kebenaran sesuai dengan fakta serta silogisme. Dalam hal ini sesuai dengan informasi yang ada/diberikan. 
Contoh :
1. Semua wisatawan selalu mengunjungi kota yang memiliki kesenian daerah. Kota Yogyakarta memiliki banyak kesenian daerah. Jadi : ...... 
a. Hanya beberapa wisatawan mengunjungi Kota Yogyakarta
b. Sebagian wisatawan tidak mengunjungi Kota Yogyakarta
c. Semua yang mengunjungi Kota Yogyakarta adalah wisatawan.
d. Semua wisatawan selalu mengunjungi Kota Yogyakarta 
2. Semua guru adalah pegawai negeri; Sebagian guru adalah penulis. Manakah yang tak cocok dengan pernyataan di atas? 
a. Sebagian penulis adalah pegawai negeri
b. Sebagian pegawai negeri adalah guru
c. Sebagian penulis adalah guru
d. Semua penulis adalah pegawai negeri 

E. Kemampuan berfikir analitis
Kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik serta ditujukan untuk mengukur kemampuan membaca, mencerna, menganalisis, dan menarik kesimpulan logis dan metodis terhadap informasi yang diberikan. 
Contoh : 
1. Lazimnya, entrepreneur dipandang sebagai seorang individu yang memiliki dan menjalankan usaha kecil. Namun , sekedar memiliki dan menjalankan usaha kecil atau usaha besar sekalipun tidak menjadikan seseorang sebagai entrepreneur. Jika seseorang adalah entrepreneur sejati, maka ada produk baru yang ia ciptakan dan ada cara baru yang ia ciptakan untuk menjalankan usahanya. Dari pernyataan berikut, manakah kesimpulan terbaik dari paragraf di atas? 
a. Seorang pemilik perusahan besar bisa merupakan seorang entrepreneur
b. Seorang yang membangun sebuah perusahaan dapat dianggap seorang entrepreneur. 
c. Entrepreneur tidak memiliki dan menjalankan usaha kecil.
d. Entrepreneur adalah investor. 
2. Dalam satu kelas ada sejumlah anak yang menyukai olahraga. Lisa menyukai olahraga bola Volley dan tidak menyukai atletik, Dino menyukai olahraga bola basket dan volley. Perdi menyukai semua olahraga kecuali volley. Susi menyukai olahraga tanpa bola. Sedangkan Gino menyukai olahraga dengan bola. Mereka yang menyukai olahraga volley adalah... 
a. Dino, Gina, dan Lisa
b. Susi, Gino, dan Dino
c. Pardi, Gino, dan Lisa
d. Dino, Susi, dan Lisa 
Baca Juga : Cara Melakukan VerVal Peserta Didik Untuk Memperoleh NISN
Sekian dan Terima Kasih Semoga bermanfaat!!!
Tag: #CPNS, #TIU, #TKD

Informasi Terbaru

Back To Top