Tahapan Tes Seleksi Penerimaan Calon PTK di MA Insan Cendikia Tahun 2015, Serta Dokumen Apa Yang Harus di Persiapkan

Salam Dapodik News. Kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan madrasah merupakan garda terdepan penentu kemajuan madrasah, oleh karena itu peranannya dalam pengelolaan madrasah menjadi sangat penting. Menjadi pendidik profesional memerlukan daya adaptasi terhadap perubahan agar proses pendidikan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan tuntutan kehidupan yang terus berubah, 

Dan dalam  rangka  menyiapkan  Pendidik  dan  Tenaga   Kependidikan  MA  Insan   Cendekia tersebut, Kementerian    Agama   akan  menyelenggarakan     Penerimaan    Pendidik   dan  Tenaga   Kependidikan MA Insan  Cendekia   Tahun   2015.

Bagi PTK yang ingin mengabdikan diri di MA insan Cendikia ada beberapa tahapan seleksi untuk penerimaan PTK di MA Insan Cendikia dan diantaranya adalah sebagai berikut: 

Untuk Seleksi tahap pertama adalah penilaian dokumen administrasi/ portofolio calon peserta seleksi. Dasar penilaian yang digunakan dalam tahap ini adalah kelengkapan dan orisinilitas dokumen administrasi/portofolio calon peserta yang meliputi: 
  1. Daftar Riwayat Hidup;
  2. Fotokopi KTP;
  3. Sertifikat Pendidik yang telah dilegalisir oleh LPTK
  4. Surat izin mengikuti tes dati atasan langsung;
  5. Fotokopi ijazah Sl yang telah dilegalisir
  6. Fotokopi SK PNS terakhir;
  7. Surat keterangan aktif mengajar dari kepala madrasah/sekolah;
  8. Pas Foto berwarna ukuran 4 X 6 = 4 lembar
  9. DP3/SKP 2 (dua) tahun terakhir;
  10. Fotokopi sertif.tkat/piagam penghargaan prestasi tingkat provinsi atau nasional.
Seleksi tahap kedua (tes tertulis)
  1. Calon kepala madrasah yang lulus penilaian porto folio berhak mengikuti seleksi tahap kedua yaitu tes tertulis kompetensi manajemen dan psikologi.
  2. Calon Guru dan Pembina Asrama yang lulus pada seleksi tahap pertarna berhak mengikuti seleksi tahap kedua yaitu tes tertulis, yang meliputi: (a) Tes Potensi Akadernik (IPA) sesuai dengan bidang studi yang diampu; (b) Pengetahuan Agama Islam (Dirosah Islamiyah); (c) Bahasa Inggris; (d) Bahasa Arab; (e) Tes Psikologi.
  3. Calon Kepala Tata Usaha, staf administrasi, pustakawan, laboran, teknisi, satpam, perawat, pramubakti dan tenaga kependidikan lainya yang lulus pada seleksi tahap pertama berhak rnengikuti seleksi tahap kedua yaitu tes tertulis, yang meliputi: (a) Tes Potensi Akademik sesuai dengan bidang tugasnya; (b) Pengetahuan Agama Islam (Dirosah Islamiyah); 
Pada saat mengikuti tes tertulis, seluruh peserta pada poin a, b, dan c membawa berkas berupa surat keterangan berbadan sehat dari dokter pemerintah dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Seleksi tahap ketiga (wawancara)
Peserta yang yang lulus pada seleksi tahap kedua berhak mengikuti seleksi tahap ketiga yaitu tes wawancara dan micro teaching. Wawancara dimaksudkan untuk mengukur dan mengetahui aspek-aspek sebagai berikut:
  1. Pandangan keislaman dan keindonesiaan;
  2. Integritas, komitmen dan dedikasi pengembangan mutu madrasah;
  3. Wawasan kependidikan dan ketrampilan mengajar;
  4. Kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning khusus bagi Pembina Asrama;
  5. Kernampuan tnenghafal Al Qur'an bagi guru PAl dan Pembina Asrama.
Baca Juga : Prosedur dan Tata Cara Pendaftaran Calon Pendidik MA Insan Cendikia Tahun Ajaran 2015/2016
Baca Juga : Jadwal Rincian Kegiatan Seleksi Penerimaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Insan Cendikia Tahun 2015
Sekian dan Terima Kasih Semoga Bermanfaat..!!!!!

Informasi Terbaru

Back To Top