Rambu - Rambu Penilaian Dalam Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi SMA/MA Tahun 2015

Salam Dapodik News. Pemilihan Kepala SMA Berprestasi merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2015. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi sampai Nasional. Pemilihan Kepala SMA Berprestasi tingkat nasional merupakan puncak acara yang direncanakan pada bulan Agustus 2015. 

Adapun Rambu-Rambu Penilaian dalam Pemilihan kepala sekolah SMA/MA Berprestasi 2015 adalah sebagai berikut: 
Kompensi : Kepribadian 

Indikator
  1. Memiliki integritas kepribadian pemimpin. 
  2. Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai gurdan guru dengan tugas tambahansebagai kepala sekolah. 
  3. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi. 
  4. Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah. 
  5. Memiliki bakat dan minat sebagai pemimpin pendidikan. 
Kompetensi Manajerial 

Indikator
  1. Menyusun perencanaan sekolah. 
  2. Mengembang kan organisasisekolah sesuai dengankebutuhan. 
  3. Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal. 
  4. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajaran yang efekti binaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran 
  6. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
  7. Mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal. 
  8. Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukunga ide, sumber belajar,dan pembiayaan sekolah.
  9. Mengelola kesiswaan dalam rangka penerimaan peserta didik baru, penempatan peserta didik, dan pengembangan kapasitas peserta didik. 
  10. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah  dan tujuan pendidikan nasional.
  11. Mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien.
  12. Mengelola ketatausahaansekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah. 
  13. Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan kesiswaan di sekolah.
  14. Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilankeputusan. 
  15. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah. 
  16. Melakukan moni-toring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pro-gram kegiatan  sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindaklanjutnya 
Kompetensi Supervisi
 
Indikator
  1. Merencanakan program supervisi akademik dalam  rangka peningkatan  profesionalisme guru.
  2. Melaksanakan supervisi akademik terhadap gurudengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yangtepat. 
  3. Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap gurudalam rangka peningkatan profesionalis me guru. 
Kompetensi Sosial 

Indikator
  1. Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah. 
  2. Berpartisipasi  dalam kegiatan sosial  kemasyarakat an. 
  3. Memiliki kepekaan sosial terhadaporang atau kelompok lain. 
Kompetensi Kewirausahaan
Indikator
  1. Menerapkan nilai-nilai kewirausahaandalam menciptakaninovasi yang berguna bagipengembangan sekolah. 
  2. Mengelola kegiatan produksi/jasa sebagai sumber belajar peserta didik. 
Kompetensi Nilai Tambah 
  1. Meningkatkan citra dan profesionalisme. 
  2. Meningkatkan daya saing secara global.
  3. Menanamkan nilai-nilai nasionalisme.
Untuk Lebih Jelasnya Lihat Tabel Rambu-Rambu Penilaian berikut ini :

Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Kepala Sekolah SMABerprestasi
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian
Tabel Rambu-Rambu Penilaian

Informasi Terbaru

Back To Top