Kemdikbud Persiapkan Kurikulum Jenis Baru Dengan 3 (Tiga) komponen di dalamnya

Salam Dapodik News. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengisyaratkan untuk membuat kurikulum jenis baru dengan tiga komponen di dalamnya. Komponen tersebut berkaitan dengan sisi nasional, lokal dan sekolah. Anies Baswedan mengatakan, sebuah kurikulum nantinya tidak akan disamaratakan untuk semua daerah. Pasalnya setiap daerah mempunyai kebutuhan berbeda dalam sistem pembelajaran. 

Anis mengatakan "Jangan sampai nanti bukunya hanya memperlihatkan keadaan di pulau jawa saja. Sehingga gambarannya seragam. Padahal setiap daerah memunyai ciri khas masing-masing," (saat diskusi bersama wartawan, pengamat dan orang tua murid, Sabtu (16/5) malam.)

Lebih lanjut Anis menjelaskan, sebuah variasi harus dilakukan dalam kurikulum di Indonesia. Dengan beragam daerah yang ada, perbedaan kurikulum diharap bisa membuat siswa di masing-masing kawasan jusru lebih berkembang dengan memanfaatkan semua hal yang ada di sekitarnya.(Sumber : ROL)
Baca Juga : 800 Guru Garis Depan akan di Sebar ke seluruh Pelosok Daerah Terpencil diIndonesia
Sebagaimana kita fahami bahwa Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. dimana Kurikulum berfungsi sebagai pedoman atau acuan bagi guru untuk melaksanakan proses kegiatan pembelajaran.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Informasi Terbaru

Back To Top