800 Guru Garis Depan akan di Sebar ke seluruh Pelosok Daerah Terpencil di Indonesia

Salam Dapodik News. Daerah terpencil adalah daerah yang secara geografis memiliki ciri lokasi jauh dari pusat kegiatan yang berada di wilayah yang sulit dijangkau , Pegunungan, pedalaman, dan rawa-rawa dan aksesibilitas perhubungan sulit. di bidang pendidikan di daerah terpencil yang sulit dijangkau banyak sekolah - sekolah yang masih kekurangan tenaga pendidik/guru.

Menurut Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan Tidak meratanya infrastruktur di daerah yang jauh dari perkotaan membuat guru enggan mengajar di daerah tersebut. Hasilnya banyak sekolah yang kekurangan guru. Hal ini membuat guru yang berada di daerah kecil harus mengajar beberapa kelas. Bahkan mereka kerap kali mengajar lebih dari satu mata pelajaran. Padahal guru tersebut tidak mempunyai ilmu dasar dalam pelajaran yang dia ajarkan.

Untuk itu Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah pihaknya akan meluncurkan program Guru Garis Depan. Ini merupakan program pengiriman guru ke daerah terpencil yang masih kekurangan tenaga pendidik.

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan mengatakan "Ini bagian dari program Nawacita Presiden Jokowi, yaitu untuk mencerdaskan bangsa," kata Anies seusai menghadiri diskusi bersama sejumlah media dan tokoh pendidikan di Makassar, Sabtu, 16 Mei 2015.

Lebih lanjut Anies Mengatakan "para guru yang akan dikirim adalah mereka telah mengikuti tes CPNS pada Desember lalu yang kini berstatus PNS. Mereka harus mengikuti pelatihan. "Program ini akan terus berjalan sampai kebutuhan guru di daerah-daerah terpencil tercukupi."

Kemendikbud akan menyebarkan 800 guru ke daerah- daerah terpencil, Guru-guru tersebut merupakan guru yang sempat mengajar selama dua tahun dan telah melalui seleksi yang diadakan sejak Desember 2014. Guru ini nantinya akan berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang nantinya akan diangkat menjadi PNS daerah sesuai dengan sekolah yang mereka ajar

di lain waktu Direktur Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Pendidikan Dasar (Dikdas) Sumarna Surapranata megatakan bahwa , ada 800 guru ini akan disebar di 28 Kabupaten/kota untuk empat provinsi yaitu Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) serta Aceh. Mereka nantinya lebih difokuskan untuk mengajar di sekolah dasar. "Rencananya minggu depan akan dilepas secara resmi oleh RI 1," kata Sumarna.

Lebih lanjut Sumarna menjelaskan " tidak ada target berapa guru yang akan masuk dalam program ini, yang penting semua terpenuhi. "Kami sedang menunggu data dari setiap provinsi terkait kebutuhan guru di daerah, terutama yang aksesnya jauh," 

Jumlah pengajar ini dipastikan terus bertambah seiring waktu. Namun pihaknya tidak mempunyai target berapa banyak guru yang akan disebar ke setiap daerah. Kemendikbud akan terus melakukan pendataan mengenai kebutuhan guru ini sehingga program Guru Garis Depan bisa semakin dioptimalkan.

Lanjut Sumarna mengatakan "Mereka akan menjadi PNS daerah. Karena PNS mereka tidak mempunyai perbedaan dengan yang lain. Hanya ada sedikit perbedaan dalam tunjangan karena mereka harus mengajar di daerah terpencil,"

Sekian dan Terima Kasih Semoga Bermanfaat!!!!

Informasi Terbaru

Back To Top