Ratusan Ribu Guru Menunggu Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

Salam Dapodik News.
Salah satu kegiatan yang sangat penting yang harus diikuti oleh guru yang akan mengikuti sertifikasi adalah dengan mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) yang tahun ini telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Untuk selanjutnya para peserta yang mengikuti UKG menunggu hasil nilainya yang akan diumumkan kemudian.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kemendikbud telah melaksanakan Uji Kompetensi Awal (UKA) bagi guru dan Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (UKKS/PS) yang dilakukan secara daring/dalam jaringan (online) dan luring/luar jaringan (offline). Sebanyak 242.308 peserta mengikuti UKA dan UKKS/PS tahun 2015 tersebut.

UKA daring diikuti 38.486 orang yang tersebar di 34 provinsi dan 471 kabupaten/kota. UKA luring diikuti 930 orang yang tersebar di 5 provinsi dan 34 kabupaten. Sedangkan UKKS/PS daring diikuti 176.378 kepala sekolah dan 28.560 pengawas sekolah yang tersebar di 34 provinsi dan 471 kabupaten/kota.

Kepala BPSDMPK-PMP Syawal Gultom mengatakan tujuan dilakukannya UKA dan UKKS/PS adalah untuk pemetaan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. UKA dan UKKS/PS juga dilakukan sebagai dasar pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam bentuk kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan.

“Uji kompetensi guru berfokus kepada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Uji kompetensi kepala sekolah berfokus pada dimensi kompetensi kepemimpinan pembelajaran, kewirausahaan, manajemen, supervisi dan usaha pengembangan sekolah. Sedangkan kompetensi pengawas sekolah ada pada dimensi supervisi manajerial, supervisi akademik, penelitian dan pengembangan serta evaluasi pendidikan,” katanya beberapa waktu lalu.

UKA daring diselenggarakan pada 17-20 Maret 2015, UKA luring pada 17-28 Maret 2015, dan UKKS/PS daring pada 19-26 Maret 2015. Sebanyak 1.096 sekolah menjadi tempat uji kompetensi (TUK). Sekolah yang dipilih adalah sekolah yang memiliki fasilitas komputer dan jaringan internet sesuai persyaratan yang dibutuhkan.

Sistem UKA dan UKKS/PS daring menjadi salah satu sistem CAT (Computer Assisted Test) Kementerian PAN-RB untuk seleksi CPNS Online 2014.Sistem daring dan luring ini mulai diujicobakan pula dalam Ujian Nasional.

Bagi guru yang telah mengikuti UKG tahun ini,untuk mengetahui hasil ujian tersebut dapat mengakses pada laman http://sergur.kemdiknas.go.id. (Baca: Pengumuman Hasil UKG 2015)

Informasi Terbaru

Back To Top