Salam Dapodik News.
Penyusunan Program Kerja Guru (PKG) sesuai hasil Diklat Instruktur Nasional pada bulan Juni 2015
Berikut ini adalah format Penyusunan RPP terbaru untuk tahun pelajaran 2015/2016 sesuai Project Based Learning (PjBL)
Susunan Form / Draft RPP Terbaru :
1. Project Based Learning (PjBL)
2. Problem Based Learning (PbBL)
3. Discovery Learning (DL)
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
C. Indikator Pencapaian kompetensi
D. Materi Pelajaran : Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur
E. Kegiatan Pembelajaran
E.1. Kegiatan Pendahuluan
E.1.1 Orientasi
E.1.2 Apersepsi
E.1.3 Motivasi
E.1.4 Pemberian Acuan
E.2 Kegiatan Inti
E.2.1 Penentuan Pertanyaan Mendasar
E.2.2 Mendesain Perencanaan Proyek
E.2.3 Menyusun Jadwal
E.2.4 Memonitor Peserta Didik dan Kemajuan Proyek
E.2.5 Menguji Hasil,
E.2.6 Mengevaluasi Pengalaman
E.3 Kegiatan Penutup
E.3.1 Membuat resume
E.3.2 Mengagendakan Pekerjaan Rumah
E.3.3 Mengagendakan Tugas
E.3.4 Memeriksa Pekerjaan Siswa yang Telah Selesai
E.3.5 Memberikan Penghargaan
F. Penilaian
F.1 Teknik Penilaian
F.1.1 Sikap
F.1.1.1 Penilaian Observasi,
F.1.1.2 Penilaian Diri (self assessment)
F.1.1.3 Penilaian Teman Sebaya peer assessment)
F.1.1.4 Penilaian Jurnal (anecdotal record)
F.1.2 Pengetahuan
F.1.2.1 Tes Tertulis Uraian atau Pilihan Ganda,
F.1.2.2 Observasi Thd Diskusi, Tanya Jawab & Percakapan.
F.1.2.3 Penugasan,
F.1.3.Keterampilan
F.1.3.1 Penilaian Unjuk Kerja,
F.1.3.2 Penilaian Proyek,
F.1.3.3 Penilaian Produk,
F.1.3.4 Penilaian Portofolio
F.1.3.5 Penilaian Tertulis
F.2 Instrumen Penilaian
F.2.1 Pertemuan Pertama
F.2.2 Pertemuan Kedua
F.2.3 Pertemuan dst
F.3 Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
F.3.1 Remedial
F.3.2 Pengayaan
G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
G.1 Media
G.2 Alat dan Bahan
G.3 Sumber Pembelajaran
Penyusunan Program Kerja Guru (PKG) sesuai hasil Diklat Instruktur Nasional pada bulan Juni 2015
Berikut ini adalah format Penyusunan RPP terbaru untuk tahun pelajaran 2015/2016 sesuai Project Based Learning (PjBL)
Susunan Form / Draft RPP Terbaru :
1. Project Based Learning (PjBL)
2. Problem Based Learning (PbBL)
3. Discovery Learning (DL)
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
C. Indikator Pencapaian kompetensi
D. Materi Pelajaran : Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur
E. Kegiatan Pembelajaran
E.1. Kegiatan Pendahuluan
E.1.1 Orientasi
E.1.2 Apersepsi
E.1.3 Motivasi
E.1.4 Pemberian Acuan
E.2 Kegiatan Inti
E.2.1 Penentuan Pertanyaan Mendasar
E.2.2 Mendesain Perencanaan Proyek
E.2.3 Menyusun Jadwal
E.2.4 Memonitor Peserta Didik dan Kemajuan Proyek
E.2.5 Menguji Hasil,
E.2.6 Mengevaluasi Pengalaman
E.3 Kegiatan Penutup
E.3.1 Membuat resume
E.3.2 Mengagendakan Pekerjaan Rumah
E.3.3 Mengagendakan Tugas
E.3.4 Memeriksa Pekerjaan Siswa yang Telah Selesai
E.3.5 Memberikan Penghargaan
F. Penilaian
F.1 Teknik Penilaian
F.1.1 Sikap
F.1.1.1 Penilaian Observasi,
F.1.1.2 Penilaian Diri (self assessment)
F.1.1.3 Penilaian Teman Sebaya peer assessment)
F.1.1.4 Penilaian Jurnal (anecdotal record)
F.1.2 Pengetahuan
F.1.2.1 Tes Tertulis Uraian atau Pilihan Ganda,
F.1.2.2 Observasi Thd Diskusi, Tanya Jawab & Percakapan.
F.1.2.3 Penugasan,
F.1.3.Keterampilan
F.1.3.1 Penilaian Unjuk Kerja,
F.1.3.2 Penilaian Proyek,
F.1.3.3 Penilaian Produk,
F.1.3.4 Penilaian Portofolio
F.1.3.5 Penilaian Tertulis
F.2 Instrumen Penilaian
F.2.1 Pertemuan Pertama
F.2.2 Pertemuan Kedua
F.2.3 Pertemuan dst
F.3 Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
F.3.1 Remedial
F.3.2 Pengayaan
G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
G.1 Media
G.2 Alat dan Bahan
G.3 Sumber Pembelajaran