Salam Dapodik News.
Program Kerja Guru (PKG) 2015 Discovery Learning (DL)
Penyusunan Program Kerja Guru (PKG) sesuai hasil Diklat Instruktur Nasional pada bulan Juni 2015
Format Penyusunan RPP terbaru untuk tahun pelajaran 2015/2016 sesuai Discovery Learning (DL)
Susunan Form / Draft RPP Terbaru :
1. Project Based Learning (PjBL)
2. Problem Based Learning (PbBL)
3. Discovery Learning (DL)
Discovery Learning (DL)
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
C. Indikator Pencapaian kompetensi
D. Materi Pelajaran : Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur
E. Kegiatan Pembelajaran
E.1. Kegiatan Pendahuluan
E.1.1 Orientasi
E.1.2 Apersepsi
E.1.3 Motivasi
E.1.4 Pemberian Acuan
E.2 Kegiatan Inti
E.2.1 Stimulation
E.2.2 Problem statemen
E.2.3 Data collection
E.2.4 Data processing
E.2.5 Verification
E.2.6 Generalizatio
E.3 Kegiatan Penutup
E.3.1 Membuat resume
E.3.2 Mengagendakan Pekerjaan Rumah
E.3.3 Mengagendakan Tugas
E.3.4 Memeriksa Pekerjaan Siswa yang Telah Selesai
E.3.5 Memberikan Penghargaan
F. Penilaian
F.1 Teknik Penilaian
F.1.1 Sikap
F.1.1.1 Penilaian Observasi,
F.1.1.2 Penilaian Diri (self assessment)
F.1.1.3 Penilaian Teman Sebaya peer assessment)
F.1.1.4 Penilaian Jurnal (anecdotal record)
F.1.2 Pengetahuan
F.1.2.1 Tes Tertulis Uraian atau Pilihan Ganda,
F.1.2.2 Observasi Thd Diskusi, Tanya Jawab & Percakapan.
F.1.2.3 Penugasan,
F.1.3.Keterampilan
F.1.3.1 Penilaian Unjuk Kerja,
F.1.3.2 Penilaian Proyek,
F.1.3.3 Penilaian Produk,
F.1.3.4 Penilaian Portofolio
F.1.3.5 Penilaian Tertulis
F.2 Instrumen Penilaian
F.2.1 Pertemuan Pertama
F.2.2 Pertemuan Kedua
F.2.3 Pertemuan dst
F.3 Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
F.3.1 Remedial
F.3.2 Pengayaan
G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
G.1 Media
G.2 Alat dan Bahan
G.3 Sumber Pembelajaran
Program Kerja Guru (PKG) 2015 Discovery Learning (DL)
Penyusunan Program Kerja Guru (PKG) sesuai hasil Diklat Instruktur Nasional pada bulan Juni 2015
Format Penyusunan RPP terbaru untuk tahun pelajaran 2015/2016 sesuai Discovery Learning (DL)
Susunan Form / Draft RPP Terbaru :
1. Project Based Learning (PjBL)
2. Problem Based Learning (PbBL)
3. Discovery Learning (DL)
Discovery Learning (DL)
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
C. Indikator Pencapaian kompetensi
D. Materi Pelajaran : Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur
E. Kegiatan Pembelajaran
E.1. Kegiatan Pendahuluan
E.1.1 Orientasi
E.1.2 Apersepsi
E.1.3 Motivasi
E.1.4 Pemberian Acuan
E.2 Kegiatan Inti
E.2.1 Stimulation
E.2.2 Problem statemen
E.2.3 Data collection
E.2.4 Data processing
E.2.5 Verification
E.2.6 Generalizatio
E.3 Kegiatan Penutup
E.3.1 Membuat resume
E.3.2 Mengagendakan Pekerjaan Rumah
E.3.3 Mengagendakan Tugas
E.3.4 Memeriksa Pekerjaan Siswa yang Telah Selesai
E.3.5 Memberikan Penghargaan
F. Penilaian
F.1 Teknik Penilaian
F.1.1 Sikap
F.1.1.1 Penilaian Observasi,
F.1.1.2 Penilaian Diri (self assessment)
F.1.1.3 Penilaian Teman Sebaya peer assessment)
F.1.1.4 Penilaian Jurnal (anecdotal record)
F.1.2 Pengetahuan
F.1.2.1 Tes Tertulis Uraian atau Pilihan Ganda,
F.1.2.2 Observasi Thd Diskusi, Tanya Jawab & Percakapan.
F.1.2.3 Penugasan,
F.1.3.Keterampilan
F.1.3.1 Penilaian Unjuk Kerja,
F.1.3.2 Penilaian Proyek,
F.1.3.3 Penilaian Produk,
F.1.3.4 Penilaian Portofolio
F.1.3.5 Penilaian Tertulis
F.2 Instrumen Penilaian
F.2.1 Pertemuan Pertama
F.2.2 Pertemuan Kedua
F.2.3 Pertemuan dst
F.3 Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
F.3.1 Remedial
F.3.2 Pengayaan
G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
G.1 Media
G.2 Alat dan Bahan
G.3 Sumber Pembelajaran