Salam Dapodik News.
Uji Kompetensi Guru
Jenjang/Tingkat: Agribisnis Hasil Pertanian (SMK) 2015
Silahkan pilih jawaban yang anda anggap benar,
1. Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...
A. acuan norma
B. acuan kriteria
C. gabungan
D. acuan norma atau kriteria
E. Semua jawaban benar
2. Kegiatan laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk ....
A. Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep
B. Memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep
C. Memfasilitasi siswa untuk membuktikan rumus
D. Memfasilitasi siswa untuk menghafal rumus
E. Semua jawaban benar
3. Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A. Mencatat (Recording )
B. Menerima (Receiving)
C. Menjawab (Responding)
D. Menilai (Valuing)
E. Semua jawaban salah
4. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A. catatan pelajaran siswa
B. catatan harian sikap siswa
C. hasil pekerjaan siswa
D. profil perkembangan siswa
E. Semua jawaban benar
5. Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu . .
A. Relative advantages
B. Complexity
C. Observability
D. Compatibility
E. Semua jawaban salah
6. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A. merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B. menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C. menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D. menggunakan teknik penilaian yang beragam
E. Ada 3 jawaban benar
7. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalambekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan
(2) menarik kesimpulan
(3) merencanakan percobaan
(4) mengajukan hipotesis
(5) merumuskan masalah
(6) mengolah data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
A. (1), (2), (3), (4), (5), (6)
B. (4), (5), (3), (1), (6), (2)
C. (5), (3), (1), (6), (4), (2)
D. (5), (4), (3), (1), (6), (2)
E. Semua jawaban salah
8. Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A. butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B. pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C. materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D. banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E. Semua jawaban benar
9. Tahapan PTK yang paling tepat adalah .....
A. perencanaan – pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis
B. refleksi – analisis – perencanaan – pelaksanaan
C. perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi
D. refleksi –perencanaan – pelaksanaan – analisis.
E. perencanaan - Pelaksanaan - Analisis
10. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
A. daftar pustaka
B. abstrak
C. daftar tabel
D. lampiran
E. Ada 3 jawaban benar
11. Kelebihan soal obyektif antara lain ...
A. materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B. menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C. scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D. materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E. Ada 2 jawaban benar
12. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
A. rangkuman dan tindak lanjut
B. simpulan umum
C. rekomendasi penulis
D. simpulan dan saran
E. Ada dua jawaban benar
13. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A. merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B. menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C. menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D. menggunakan teknik penilaian yang beragam
E. Ada 3 jawaban benar
14. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A. memaparkan bidang ilmu tertentu
B. merupakan deskripsi suatu kejadian
C. menggunakan gaya bahasa resmi
D. disajikan secara sistematis
E. Semua jawaban salah
15. Adat yang sudah mengakar dan mentradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A. Cultural Block
B. Mental Block Barries
C. Social Block
D. System Block
E. Cultural Social
16. Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .
A. Relative advantages
B. Compatibility
C. Trialability
D. Complexity
E. Semua jawaban benar
17. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A. mengumpulkan hasil karya siswa
B. meningkatkan rasa saling percaya
C. mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D. menilai hasil belajar siswa
E. Semua jawaban benar
18. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal bentuk uraian kecuali ....
A. Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D. Tabel atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E. Tidak ada jawaban
19. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat
A. Mutlak
B. mantap
C. tentatif
D. pasti
E. Semua jawaban benar
20. Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A. Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B. Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C. Memfasilitasi siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D. Memfasilitasi siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E. Semua jawaban benar
21. Penilaian yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A. PAK
B. PAN
C. PAG
D. PAP
E. PUK
22. Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list adalah ...
A. penilaiannya mutlak
B. subjek yang dinilai lebih terbatas
C. pedoman penilaian lengkap
D. lebih praktis
E. Semua jawaban benar
23. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A. merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B. menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C. menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D. menggunakan teknik penilaian yang beragam
E. Ada 3 jawaban benar
24. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A. catatan pelajaran siswa
B. catatan harian sikap siswa
C. hasil pekerjaan siswa
D. profil perkembangan siswa
E. Semua jawaban benar
25. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A. Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B. Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C. Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D. Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E. Tidak ada jawaban
26. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
E. Semua jawaban salah
27. Suatu penggabungan Sekolah Dasar di daerah kecamatan sebagai upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan, disebut . . . .
A. Manajemen Berbasis Sekolah / School Based Management
B. School Merger
C. Multi Grade Instruction Pembelajaran Kelas Rangkap
D. CBSA
E. Jawaban tidak ada
28. Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
A. Design
B. Evaluation
C. Trial
D. Wareness Interest
E. Trial Evaluation
29. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A. mengumpulkan hasil karya siswa
B. meningkatkan rasa saling percaya
C. mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D. menilai hasil belajar siswa
E. Semua jawaban benar
30. Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A. Mencatat (Recording )
B. Menerima (Receiving)
C. Menjawab (Responding)
D. Menilai (Valuing)
E. Semua jawaban salah
31. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A. Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B. Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C. Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D. Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E. Tidak ada jawaban
32. Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A. dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B. praktis
C. dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D. dapat mengetahui prestasi kelompok
E. Semua jawaban benar
33. Penilaian hasil belajar sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar ...
A. tes dikerjakan dengan santai, tidak serius
B. siswa dapat menunjukkan apa yang dipahaminya
C. kemampuan siswa dapat meningkat
D. siswa tidak merasa rendah diri
E. Semua jawaban salah
34. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
E. Semua jawaban salah
35. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
A. artikel laporan dan artikel rujukan
B. artikel konseptual dan artikel teoritis
C. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
D. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
E. Tidak ada jawaban yang benar
36. Penilaian acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
A. rata-rata kelompok
B. kriteria yang telah ditetapkan
C. persentase kemampuan siswa
D. skor baku yang telah ditetapkan
E. Semua jawaban benar
37. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
E. Semua jawaban salah
38. Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A. Mencatat (Recording )
B. Menerima (Receiving)
C. Menjawab (Responding)
D. Menilai (Valuing)
E. Semua jawaban salah
39. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
E. Semua jawaban salah
40. Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A. ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B. beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C. beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D. ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E. Ada 2 jawaban benar
41. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung
D. informatika
E. Semua jawaban salah
42. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
A. panjang tulisan
B. nada tulisan
C. gaya tulisan
D. bahasa tulisan
E. Semua jawaban salah
43. Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A. 41,5
B. 54,15
C. 56,6
D. 79,25
E. 64,25
44. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
A. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E. Tidak ada jawaban benar
45. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
A. Helen Parkhust
B. Kak Seto
C. John Dewey
D. Montessori
E. Ki Hajar Dewantara
46. Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
A. CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
B. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
C. PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
D. Unit / Pembelajaran Terpadu.
E. PKR - Unit
47. Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
A. Design
B. Evaluation
C. Trial
D. Wareness Interest
E. Trial Evaluation
48. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
E. Semua jawaban salah
49. Suatu proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun tentang siswa baik yang menyangkut kurikulumnya, program pembelajarannya, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan sekolah. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan pengertian dari :
A. Asesmen
B. Evaluasi
C. Pengukuran
D. Tes
E. Semua jawaban salah
50. Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek adalah kemampuan ...
A. berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan laporan
B. mendesain hasil karya
C. memilih dan menggunakan alat di lapangan
D. menilai hasil karya secara analitis dan holistik
E. Semua jawaban benar
Uji Kompetensi Guru
Jenjang/Tingkat: Agribisnis Hasil Pertanian (SMK) 2015
Silahkan pilih jawaban yang anda anggap benar,
A. acuan norma
B. acuan kriteria
C. gabungan
D. acuan norma atau kriteria
E. Semua jawaban benar
2. Kegiatan laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk ....
A. Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep
B. Memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep
C. Memfasilitasi siswa untuk membuktikan rumus
D. Memfasilitasi siswa untuk menghafal rumus
E. Semua jawaban benar
3. Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A. Mencatat (Recording )
B. Menerima (Receiving)
C. Menjawab (Responding)
D. Menilai (Valuing)
E. Semua jawaban salah
4. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A. catatan pelajaran siswa
B. catatan harian sikap siswa
C. hasil pekerjaan siswa
D. profil perkembangan siswa
E. Semua jawaban benar
5. Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu . .
A. Relative advantages
B. Complexity
C. Observability
D. Compatibility
E. Semua jawaban salah
6. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A. merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B. menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C. menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D. menggunakan teknik penilaian yang beragam
E. Ada 3 jawaban benar
7. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalambekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan
(2) menarik kesimpulan
(3) merencanakan percobaan
(4) mengajukan hipotesis
(5) merumuskan masalah
(6) mengolah data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
A. (1), (2), (3), (4), (5), (6)
B. (4), (5), (3), (1), (6), (2)
C. (5), (3), (1), (6), (4), (2)
D. (5), (4), (3), (1), (6), (2)
E. Semua jawaban salah
8. Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A. butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B. pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C. materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D. banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E. Semua jawaban benar
9. Tahapan PTK yang paling tepat adalah .....
A. perencanaan – pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis
B. refleksi – analisis – perencanaan – pelaksanaan
C. perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi
D. refleksi –perencanaan – pelaksanaan – analisis.
E. perencanaan - Pelaksanaan - Analisis
10. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
A. daftar pustaka
B. abstrak
C. daftar tabel
D. lampiran
E. Ada 3 jawaban benar
11. Kelebihan soal obyektif antara lain ...
A. materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B. menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C. scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D. materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E. Ada 2 jawaban benar
12. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
A. rangkuman dan tindak lanjut
B. simpulan umum
C. rekomendasi penulis
D. simpulan dan saran
E. Ada dua jawaban benar
13. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A. merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B. menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C. menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D. menggunakan teknik penilaian yang beragam
E. Ada 3 jawaban benar
14. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A. memaparkan bidang ilmu tertentu
B. merupakan deskripsi suatu kejadian
C. menggunakan gaya bahasa resmi
D. disajikan secara sistematis
E. Semua jawaban salah
15. Adat yang sudah mengakar dan mentradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A. Cultural Block
B. Mental Block Barries
C. Social Block
D. System Block
E. Cultural Social
16. Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .
A. Relative advantages
B. Compatibility
C. Trialability
D. Complexity
E. Semua jawaban benar
17. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A. mengumpulkan hasil karya siswa
B. meningkatkan rasa saling percaya
C. mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D. menilai hasil belajar siswa
E. Semua jawaban benar
18. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal bentuk uraian kecuali ....
A. Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D. Tabel atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E. Tidak ada jawaban
19. Kebenaran ilmu pengetahuan bersifat
A. Mutlak
B. mantap
C. tentatif
D. pasti
E. Semua jawaban benar
20. Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A. Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B. Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C. Memfasilitasi siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D. Memfasilitasi siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E. Semua jawaban benar
21. Penilaian yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A. PAK
B. PAN
C. PAG
D. PAP
E. PUK
22. Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list adalah ...
A. penilaiannya mutlak
B. subjek yang dinilai lebih terbatas
C. pedoman penilaian lengkap
D. lebih praktis
E. Semua jawaban benar
23. Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A. merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B. menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C. menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D. menggunakan teknik penilaian yang beragam
E. Ada 3 jawaban benar
24. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A. catatan pelajaran siswa
B. catatan harian sikap siswa
C. hasil pekerjaan siswa
D. profil perkembangan siswa
E. Semua jawaban benar
25. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A. Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B. Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C. Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D. Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E. Tidak ada jawaban
26. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
E. Semua jawaban salah
27. Suatu penggabungan Sekolah Dasar di daerah kecamatan sebagai upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan, disebut . . . .
A. Manajemen Berbasis Sekolah / School Based Management
B. School Merger
C. Multi Grade Instruction Pembelajaran Kelas Rangkap
D. CBSA
E. Jawaban tidak ada
28. Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
A. Design
B. Evaluation
C. Trial
D. Wareness Interest
E. Trial Evaluation
29. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A. mengumpulkan hasil karya siswa
B. meningkatkan rasa saling percaya
C. mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D. menilai hasil belajar siswa
E. Semua jawaban benar
30. Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A. Mencatat (Recording )
B. Menerima (Receiving)
C. Menjawab (Responding)
D. Menilai (Valuing)
E. Semua jawaban salah
31. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A. Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B. Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C. Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D. Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E. Tidak ada jawaban
32. Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A. dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B. praktis
C. dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D. dapat mengetahui prestasi kelompok
E. Semua jawaban benar
33. Penilaian hasil belajar sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar ...
A. tes dikerjakan dengan santai, tidak serius
B. siswa dapat menunjukkan apa yang dipahaminya
C. kemampuan siswa dapat meningkat
D. siswa tidak merasa rendah diri
E. Semua jawaban salah
34. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
E. Semua jawaban salah
35. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
A. artikel laporan dan artikel rujukan
B. artikel konseptual dan artikel teoritis
C. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
D. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
E. Tidak ada jawaban yang benar
36. Penilaian acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
A. rata-rata kelompok
B. kriteria yang telah ditetapkan
C. persentase kemampuan siswa
D. skor baku yang telah ditetapkan
E. Semua jawaban benar
37. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
E. Semua jawaban salah
38. Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A. Mencatat (Recording )
B. Menerima (Receiving)
C. Menjawab (Responding)
D. Menilai (Valuing)
E. Semua jawaban salah
39. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
E. Semua jawaban salah
40. Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A. ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B. beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C. beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D. ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E. Ada 2 jawaban benar
41. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung
D. informatika
E. Semua jawaban salah
42. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
A. panjang tulisan
B. nada tulisan
C. gaya tulisan
D. bahasa tulisan
E. Semua jawaban salah
43. Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A. 41,5
B. 54,15
C. 56,6
D. 79,25
E. 64,25
44. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
A. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E. Tidak ada jawaban benar
45. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
A. Helen Parkhust
B. Kak Seto
C. John Dewey
D. Montessori
E. Ki Hajar Dewantara
46. Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
A. CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
B. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
C. PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
D. Unit / Pembelajaran Terpadu.
E. PKR - Unit
47. Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
A. Design
B. Evaluation
C. Trial
D. Wareness Interest
E. Trial Evaluation
48. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
E. Semua jawaban salah
49. Suatu proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun tentang siswa baik yang menyangkut kurikulumnya, program pembelajarannya, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan sekolah. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan pengertian dari :
A. Asesmen
B. Evaluasi
C. Pengukuran
D. Tes
E. Semua jawaban salah
50. Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek adalah kemampuan ...
A. berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan laporan
B. mendesain hasil karya
C. memilih dan menggunakan alat di lapangan
D. menilai hasil karya secara analitis dan holistik
E. Semua jawaban benar