rpp kurikulum 2013 revisi

Download Buku Materi Bimbingan Teknis Mata Pelajaran Seni Budaya Kurikulum 2013 SMP Tahun 2017

Salam Dapodik News
Seperti yang kita ketahui saat ini Kurikulum 2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan sejak digulirkannya  pada tahun 2013. dimana perbaikan kurikulum tersebut berlandaskan pada kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. 

Secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan agar selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan menyelaraskan KI-KD, silabus, pedoman mata pelajaran, pembelajaran, penilaian, dan buku teks. 

Perbaikan tersebut dilaksanakan berdasarkan prinsip perbaikan kurikulum sebagai berikut. 

1. Keselarasan
Dokumen KI-KD, Silabus, Inspirasi Pembelajaran, Buku Teks Pelajaran,  Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar harus selaras dari aspek kompetensi dan lingkup materi. 

2. Mudah Dipelajari
Lingkup kompetensi dan materi yang dirumuskan dalam KD mudah dipelajari oleh  peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis.

3. Mudah Diajarkan 
Lingkup kompetensi dan materi yang dirumuskan pada KD mudah diajarkan oleh guru sesuai dengan gaya belajar peserta didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik kompetensi, dan sumber belajar yang ada di lingkungan. 

4. Terukur
Kompetensi dan materi yang diajarkan terukur melalui indikator yang mudah  dirumuskan dan layak dilaksanakan. 

5. Bermakna untuk Dipelajari 
Kompetensi dan materi yang diajarkan mempunyai kebermaknaan bagi peserta didik sebagai bekal kehidupan. 

Memperhatikan perkembangan perbaikan Kurikulum 2013 di atas, maka diperlukan beberapa contoh praktis yang dibutuhkan guru untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan tepat yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian, serta unsur penunjang lainnya. 

Untuk membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, Direktorat PSMP menyusun Materi Bimbingan Teknis Guru yang berisi petunjuk atau contoh praktis untuk setiap mata pelajaran serta uraian tugas yang harus dikerjakan oleh peserta bimbingan teknis. Materi tersebut disusun dalam 4 (empat) bagian yang saling terkait dengan harapan dapat membantu guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 dan melaksanakannya. 

Materi bimbingan teknis ini bertujuan untuk: 
  1. mengembangkan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Seni Budaya berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013; 
  2. mengembangkan keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013; dan 
  3. meningkatkan keterampilan praktik pembelajaran Seni Budaya di kelas VII.

Tag: #K13

Informasi Terbaru

Back To Top