Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta didik Baru MAN Insan Cendikia 2017/2018

Salam Dapodik News
Penyelenggaraan penerimaan peserta didik (PPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dilakukan secara nasional dan bertujuan memberikan akses kepada siswa lulusan MTs/SMP Negeri dan Swasta untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan berdaya saing.

Beberapa indikator yang digunakan dalah hal ini adalah potensi dasar peserta didik, kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan analitis, kemampuan menyerap informasi, kemampuan adaptasi, daya juang, dan kepribadian yang baik serta tes akademik yang meliputi tes bidang studi: Matematika, IPA/IPS, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab. 

Jumlah Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia yang melaksanakan PPDB tahun ini sebanyak 20 dengan kuota 1916 peserta didik. Tahap persiapan, proses pendaftaran, seleksi dan pendaftaran ulang pada PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia.

Peserta didik yang akan diterima di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia harus melalui suatu proses seleksi yang ketat agar misi madrasah dapat tercapai, yaitu untuk menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif, dan mempunyai landasan iman dan takwa kepada Allah SWT yang kuat. Untuk itu, calon peserta didik harus memiliki potensi akademik yang baik, memiliki daya juang tinggi, dan rekam potensi belajar yang baik. 

Penerimaan peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia tahun pelajaran 2017/2018 diharapkan dapat menjaring peserta didik yang berpotensi, yang dapat dilihat dari beberapa indikator: potensi dasar peserta didik yang meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan analitis, kemampuan menyerap informasi, kemampuan adaptasi, daya juang, dan kepribadian yang baik, serta potensi akademik yang meliputi kemampuan bidang studi: Matematika, Pengetahuan Dasar (IPA dan IPS), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab. Calon Peserta Didik Baru berasal dari lulusan terbaik MTs/SMP Negeri dan Swasta yang diseleksi secara nasional dengan standar yang telah ditetapkan

Peserta yang ditargetkan dalam PPDB MAN Insan Cendekia tahun 2017 ini  adalah para peserta didik lulusan MTs/SMP Negeri dan Swasta tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 10.000 peserta didik. 

Pelaksanaan kegiatan PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia tahun 2017 direncanakan secara simultan dimulai bulan Januari sampai Juli tahun 2017.  Persiapan kegiatan yang dilakukan meliputi; pembentukan Tim PPDB 2017, penyusunan Petunjuk Teknis PPDB, penyiapan software database PPDB online, dan rapat koordinasi antara Direktorat Pendidikan Madrasah dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi/Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia seluruh Indonesia, dan dengan tim IT yang ditunjuk

Tag: #PPDB

Informasi Terbaru

Back To Top