Inilah Sistematika Penulisan Profil KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017

Salam Dapodik News

Seperti yang kita ketahui bahwakriteria KKG/MGMP/MKKS yang memenuhi syarat penerima bantuan pemerintah diantaranya adalah 
  1. mempunyai struktur organisasi kepengurusan yang disahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi;
  2. kepengurusan KKG/MGMP/MKKS terdiri atas Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan bidang lainnya;
  3. aktifmelaksanakan kegiatan setidaknya dalam I (satu) tahun terakhir, yang dibuktikan dengan adanya laporan perternuan secara berkala dan bukti ftsik hasil pelaksanaan kegiatan; dan
  4. mernpunyai rekening dan NPWP yang rnasih aktif pada bank pemerintah atas nama KKG/MGMP/MKKS (bukan atas nama pribadi) atau rekening dan NPWP sekolah yang dijadikan sekolah inti KKG/MGMP/MKKS tersebut.
dan berikut ini adalah sistematika penulisan profil KKG/MGMP/MKKS tahun 2017

HALAMAN JUDUL
Memuat judul profll, nama ketua KKG/MGMP/MKKS, nama KKG/MGMP/MKKS, alamat KKGIMGMPIMKKS, nomor telepon ketua KKG/MGMP/MKKS. e-mail ketua KKGIMGMPIMKKS, lokasi kabupaten/kota dan provinsi serta tahun pengajuan (2017).

HALAMAN PENGESAHAN
Halaman pengesahan ditandatangani oleh ketua KKG/MGMP/MKKS.

KATA PENGANTAR
Memuat uraian kalimat tentang maksud dan tujuan pembuatan profil dan hal-hal terkait secara umum.

DAFTAR ISI
Memuat judul sub judul isi profil

BAB I. PENDAHULUAN
Memuat latar belakang yang berisi tentang komitmen KKG/MGMP/MKKS terhadap peningkatan mutu guru/kepala sekolah, tujuan program yang akan dibiayai, manfaat, sasaran, dan hasil yang diharapkan yaitu dihasilkannya paket soal USBN 2017 dan penguatan pendidikan karakter di sekolah.

BAB II DESKRIPSI SINGKAT PROGRAM YANG TELAH DILAKSANAKAN
Memuat uraian tentang kegiatan yang telah dilaksanakan di KKG/MGMP/MKKS terutama tentang penyusunan soal dan pendidikan karakter.

Bab III. RENCANA KEGIATAN YANG DIUSULKAN
Memuat 5 W + 2H (what, where, when, why, who, how to, and how much), yaitu what = menjelaskan nama kegiatanlpelatihan; where = menjelaskan tempat pelaksanaan kegiatan; when = menjelaskan waktu pelaksanaan; who = menjelaskan peserta, narasumber, fasilitator, instruktur yang terlibat dalam kegiatan; how to = menjelaskan strategi dan metode pelaksanaan program; how much = menjelaskan biaya yang dibutuhkan.

Secara ringkas isi rencana kegiatan adalah nama kegiatan, strategi dan metode pelaksanaan program, materi kegiatan, narasumber/instruktur guru inti, waktuljadwal pelaksanaan, tempat pelaksanaan, biaya, metode pemantauan dan evaluasi program, dan sistem pelaporan dari kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017.

Program yang diusulkan diutamakan terkait dengan:
  1. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan Soal Tes Essay dan Pilihan Ganda untuk menghasilkan paket soal USBN 2017;
  2. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
BAB IV. PENUTUP
Kesimpulan kegiatan yang akan dilaksanakan secara singkat dan harapan diterimanya usulan dana bantuan pemerintah.

LAMPIRAN
  • Tabel ringkasan Rencana Kegiatan KKG/MGMP/MKKS (nama kegiatan, strategi dan metode pelaksanaan program, materi kegiatan, narasumber/instruktur guru inti, waktu/jadwal pelaksanaan, tempat pelaksanaan, biaya), ditandatangani oleh ketua KKG/MGMP/MKKS sesuai dengan peruntukannya.
  • Susunan pengurus dan data anggota KKG/MGMP/MKKS sesuai format yang telah ditentukan.
  • Fotokopi buku tabungan dengan rekening yang masih aktif pada bank pemerintah atas nama KKG/MGMP/MKKS (bukan atas nama pribadi) atau rekening sekolah yang dijadikan sekolah inti/sekretariatlsanggar KKG/MGMP/MKKS tersebut, dengan memiliki saldo minimal Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) atau sesuai dengan aturan bank masing-masing.
  • Fotokopi NPWP yang masih aktif atas nama KKGIMGMP/MKKS (bukan atas nama pribadi) sesuai dengan peruntukannya atau Fotokopi NPWP sekolah yang dijadikan sekolah inti KKG/MGMP/MKKS tersebut.
  • Rekap pelaksanaan kegiatan yang pemah dilaksanakan dalam I (satu) tahun terakhir.
  •  Fotokopi KTP/SIM dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.
Tag: #KKG, #MGMP

Informasi Terbaru

Back To Top