Model Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dan Masyarakat

Salam Dapodik News.
Kemajuan pendidikan bukan hanya ditentukan oleh sekolah dalam hal ini guru dan siswa ketika proses belajar mengajar tetapi juga orang tua juga memiliki peranan yang sangat besar terhadap kemajuan pendidikan, akan tetapi orang tua sebagai orang pertama dan utama yang terlibat dalam pendidikan anak sering kali dikesampingkan keberadaannya. 

Diakui atau tidak kebanyakan dari para orang tua tidak disiapkan dalam memajukan pendidikan karena mereka  harus mencari informasi dan pengetahuan secara mandiri agar dapat mengembangkan dan mendukung pendidikan anak-anak mereka dengan baik.

Beberapa fakta ilmiah tentang manfaat terlibatnya orang tua di sekolah antara lain:
  1. Bagi peserta didik antara lain: mendukung prestasi akademik; meningkatkan kehadiran; kesadaran terhadap kehidupan yang sehat; dan meningkatkan perilaku positif. 
  2. Bagi orang tua antara lain: memperbaiki pandangan terhadap sekolah; meningkatkan kepuasan terhadap guru; dan mempererat hubungan dengan anak.
  3. Bagi sekolah anatar lain: memperbaiki iklim sekolah; meningkatkan kualitas sekolah; dan mengurangi masalah kedisiplinan.
Oleh sebab itu keterlibatan keluarga dan masyarakat dalam lingkungan sekolah dapat diwujudkan dalam program kemitraan pendidikan, dimana program ini sejalan dengan visi kementerian pendidikan dan kebudayaan yaitu: “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong”

Kemitraan pendidikan adalah kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat yang berlandaskan pada asas gotong royong, kesamaan kedudukan, saling percaya, saling menghormati, dan kesediaan untuk berkorban dalam membangun ekosistem pendidikan yang menumbuhkan karakter dan budaya prestasi peserta didik.

Model Kemitraan sekolah dengan keluarga dan masyarakat dalam pelaksanaanya didasarkan pda pendayagunaan potensi dan sumber daya keluarga dan masyarakat secara kolaboratif. secara konsep dapat digambarkan dalam skema berikut ini:

Model Kemitraan Pendidikan

Demikian model kemitraan sekolah dengan orang tua dan masyarakat, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat demi kemajuan pendidikan di negara tercinta ini.

Informasi Terbaru

Back To Top