Ujian tertulis dan Ujian Keterampilan , Materi Yang di Ujikan dalam SBMPTN 2015

Salam Dapodik News. SBMPTN 2015 adalah mekanisme seleksi masuk PTN yang ditetapkan berdasarkan hasil Ujian Tertulis atau kombinasi hasil Ujian Tertulis dan Ujian Keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Berdasarkan pengalaman dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, maka pada tahun 2015 Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menyelenggarakan ujian tertulis SBMPTN 2015 yang dapat diikuti oleh siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/ MA/ SMK/ MAK) dan sederajat, termasuk Paket C tahun 2013, 2014, dan 2015.

Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan reliabilitas dan validitas yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Untuk Persyaratan Pendaptaran dan penerimaan SBMPTN diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Bagi siswa lulusan tahun 2013 dan 2014 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa lulusan tahun 2015 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  4. Lulus Pendidikan Menengah, lulus SBMPTN 2015, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN peneriman
Pendaftaran SBMPTN sendiri dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 5 Mei 2015. Pendaftaran online dibuka dari tanggal 11 Mei 2015 pukul 08.00 WIB sampai dengan 29 Mei 2015 pukul 22.00 WIB.

Untuk Materi Ujian Tertulis terdiri dari:
  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Ujian Keterampilan
  1. Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  3. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas pemeriksaan kesehatan, tes kesegaran jasmani dan keterampilan dasar olahraga. 
  4. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id
Berikut ini adalah Jadwal Ujian Tertulis dan Keterampilan SBMPTN 2015
Jadwal Ujian Tertulis dan Keterampilan SBMPTN 2015

Baca Juga : Mekanisme Seleksi Mahasiswa Calon Penerima dan Penyaluran Dana Beasiswa dan bantuan biaya pendidikan Peningkatan prestasi akademik (PPA) 2015
Sekian dan terima Kasih semoga bermanfaat!!!
Tag: #PTN, #SBMPTN

Informasi Terbaru

Back To Top