Tata Cara Penggunaan Aplikasi Verifikasi dan Validasi (VerVal) Proses Pembelajaran Tahun 2015

Salam Dapodik News. Sistem "Verifikasi dan Validasi Data Proses Pembelajaran" dimaksudkan untuk memastikan konsistensi proses belajar mengajar (PBM) dengan acuan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan sumber data Dapodik. Untuk memudahkan proses verifikasi dan validasi maka perlu dibuatkan suatu aplikasi verifikasi dan validasi yang baik dan mudah dioperasikan oleh pengguna (user friendly). 

Berikut adalah tatacara penggunaan aplikasi verifikasi dan validasi proses pembelajaran. Untuk menjalankan Aplikasi sistem verifikasi dan validasi proses pembelajaran.
Pertama anda masuk ke laman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/vervalpp/ pada browser, 
Maka akan tampil Halaman awal seperti pada gambar berikut ini :
Halaman awal
Ada beberapa fitur aplikasi dalam mengoperasikannya dibutuhkan login (username dan password). Terkait dengan login lakukan regristrasi anggota pada Jaringan pengelola data pendidikan (sumber daya manusia). 
Bagian‐bagian pada tampilan awal, adalah sebagai berikut : 
  1. Menu bar, apabila telah melakukan login maka menu bar Proses dan Formula dapat diakses. 
  2. Daftar formula/parameter, menampilkan daftar formula/parameter yang tersedia dalam sistem.
  3. Login pengelola. 
Formula/parameter
Untuk melihat formula/parameter yang tersedia pada sistem dapat menggunakan scroll‐bar naik turun, untuk melihat ketererangan detail dari formula/parameter cukup dengan men‐klik pada nama formula/parameter sehingga akan ditampilkan kotak dialog.

Formula/parameter
Sebelum dapat mengakses aplikasi ini, user harus login terlebih dahulu 
Masukan Masukan user‐id 
Masukan password 
Kemudian Klik tombol Log - In. 

Menu Proses
Merupakan bagian utama pada aplikasi verifikasi dan validasi proses pembelajaran, pada halaman ini ada beberapa bagian yang harus diisi. Untuk melakukan verifikasi dan validasi proses pembelajaran, lakukan langkah‐langkah dibawah ini: 
  1. Tentukan bentuk pendidikan dengan cara men‐klik tombol combo kemudian pilih satu pada pilihan yang tersedia, perhatikan pada bagian formula/parameter akan ditampilkan sesuai dengan bentuk pendidikan yang terpilih. 
  2. Tentukan wilayah sekolah yang terbagi menjadi dua yaitu provinsi dan kabupaten/kota, 
  3. Klik tombol combo kemudian pilih provinsi dan kabupaten/kota. 
  4. Pilih tahun
  5. Beri tanda centang pada kolom eksekusi sesuai dengan formula yang akan dieksekusi. \
  6. Tekan tombol Eksekusi formula untuk memulai proses, 
  7. Maka akan Muncul Tampilan seperti gambar dibawah ini :
formula/parameter
Gambar diatas memperlihatkan ada 2 (dua) formula/parameter yang di centang, untuk setiap hasil proses formula/parameter terbagi menjadi dua bagian yang terdiri dari grafik dan tabel. 
  • Klik nama formula/parameter, sehingga akan ditampilkan data detail dari hasil proses 
 nama formula/parameter, sehingga akan ditampilkan data detail dari hasil proses
  • Geser scroll‐bar, sehingga akan terlihat tabel detail data dari grafik Pada tabel detail data dapat dilihat pada kolom indikator untuk masing‐masing satuan pendidikan (sekolah), sesuai dengan bentuk pendidikan dan wilayah yang dipilih pada halamanan sebelumnya. Untuk mencari satuan pendidikan (sekolah) tertentu cukup dengan mengetikan nama sekolah pada bagian search, maka secara otomatis tabel data akan melakukan filtering. Hapus nama sekolah pada bagian search untuk mengembalikan filtering ke posisi awal. 

Tabel detail data dapat diekspor kedalam file Ms. Excel, dengan cara menklik gambar icon Ms. Excel disamping tulisan simpan detail data ke. Pilih Open with, akan mendownload kemudian akan dibuka hasil download secara otomatis, Save File akan mendownload tanpa dibuka. Format Ms.
FORMULA 
Pada halaman ini akan ditampilkan daftar formula/parameter yang tersedia dalam sistem, Daftar formula/parameter dikelompokan berdasarkan bentuk pendidikan dan acuan/referensi, sehingga memudahkan dalam mengelolanya. Serta setiap formula/parameter dileangkapi dengan referensi dokumen, untuk menampilkan cukup klik buka file,
PANDUAN 
halaman terdiri dari beberapa paparan diantaranya : Pengantar, Tujuan, Ulasan, Konfigurasi Sistem, Pengertian dan Panduan Operasional singkat. Masing‐masing tampilan diantara adalah : 
  1. Pengantar
  2. Tujuan
  3. Ulasan
  4. Konfigurasi System
  5. Pengertian
  6. Panduan Operasional
Sekian dan terima Kasih semoga Bermanfaat
Tag: #PBM, #SNP, #SPM, #Verval

Informasi Terbaru

Back To Top