Tata cara Melakukan Registrasi Aplikasi Dapodikmen Versi 8.14

Salam Dapodik News.Tahap setelah melakukan instalasi Aplikasi Dapodimen Versi 8.14 adalah registrasi aplikasi. Registrasi aplikasi ini dilakukan oleh operator jika menggunakan file installer, namun jika menggunakan file updater maka tidak diperlukan untuk registrasi aplikasi. 

Berikut tahapan yang harus dilakukan saat registrasi aplikasi Dapodikmen 8.14 : 
  • Langkah pertama adalah menuju ke folder dimana file tersebut pernahn di download sebagaimana langkah yang pernah dilakukan Generate prefill diatas. 
  • Pastikan pada file prefill tidak ada tambahan (1) atau (2) dst. Jika ada tambahan (1) atau (2) pada akhir file prefill itu tanda bahan file prefill tersebut pernah didonwload dengan nama yang sama ditempat yang sama. 
  • Tentukan prefill yang akan di copy adalah data prefill terakhir. Setelah itu segera menuju ke c:/prefill_dapodik 
  • Hasil dari meletakkn file prefill sebagai berikut :
data prefill
  • Langkah berikutnya adalah menjalankan aplikasi Dapodikmen yang ada di desktop operating sistem  Atau bisa menjalankan aplikasi langsung dari web browser dengan alamat http://localhost:8090 
  • Setelah itu klik tombol Registrasi. Dan tunggu beberapa saat akan tampil sebagai berikut : 
menu registrasi
Kemudian Silahjkan anda isi dan lengkapi formulir registrasi diantaranya adalah sebagai berikut
  1. Nama Operator : isikan nama lengkap dari operator
  2. Username (email) : Gunakan email operator yang aktif dan juga email ini akan didaftarkan saat mengisi data operator di PDSP dengan alamat http://sdm.data.kemdikbud.go.id 
  3. Password : Gunakan Password operator
  4. Konfirmasi Password : Ulangi sekali lagi password operator
  5. Nomor HP : Masukkan nomor HP yang dimiliki oleh operator
  6. Kode Registrasi : masukkan kode Registrasi yang sesuai dengan apa yang didapat dari KKDATADIK dinas pendidikan Kabupaten/Kota. Jika saat memasukkan kode regrsitrasi ini tidak sesuai maka akan muncul pesan “Kode registrasi Tidak ditemukan”. Hal ini dimungkinkan salah ketik, huruf O dituliskan angka 0 (nol) atau hurus l dituliskannya angka 1 
Setelah di isi data isian registrasi, maka pilih tomboh Simpan. Dan tunggu beberapa saat
  • Klik tombol Ok, dan akan muncul tampilan awal aplikasi Dapodikmen. Saat sekarang untuk Masuk dengan menggunakan username dan password yang telah di buat saat registrasi . 
  • Tentukan periode yang aktif saat ini, misalkan Ganjil tahun 2014/2015 kemudian Klik Tombol Masuk. Dan tunggu beberapa saat.. 
  • Tampilan login berhasil dan tempilan akan memuat aplikasi. 
  • Tampilan aplikasi Dapodikmen pertama kali. Ada informasi perubahan apa saja yang telah dilakukan pada versi 8.1.4. operator bisa membacanya dengan seksama. Kemudian Klik tombol Tutup untuk menu ke Beranda Aplikasi.
Baca Juga : Cara Installer dan Updater Serta Fitur - Fitur Terbaru Yang Terdapat Pada Aplikasi Dapodikmen Versi 8.14
Baca juga : Tata Cara Melakukan Generate Prefill dan Instalasi Aplikasi Dapodikmen Versi 8.14
Sekian dan terima Kasih semoga Bermanfaat!! 

Informasi Terbaru

Back To Top