rpp kurikulum 2013 revisi

inilah Materi Lengkap Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Tahun 2015

Salam Dapodik News.Implementasi kurikulum 2013 di madrasah diterapkan secara bertahap mulai tahun 2014 diawali dengan dilaksanakannya pada kelas 1 dan 4 MI, kelas 7 MTs, dan kelas 10 MA. Mempersiapkan pelaksanaan Kurikulum 2013 di rnadrasah tersebut, telah dilakukan pelatihan-pelatihan dan workshop yang diselenggarakan kepala madrasah, guru dan pengawas madrasah. Melalui pelatihan tersebut, diharapkan kepala madrasah, guru dan pengawas madrasah dapat saling bersinergi untuk menerapkan Kurikulum 2013 di madrasah masing-masing.


Secara umum Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 dimaksudkan untuk menjamin terlaksananya implernentasi Kurikulum 2013 secara efektif dan efisien di madrasah. Secara khusus pendampingan memiliki tujuan sebagai berikut.
  1. Memberikan fasilitasi dalam implernentasi Kurikulum 2013 pada madrasah, terutama mata pelajaran PAl dan Bahasa Arab
  2. Memberikan bantuan konsultasi, pemodelan (modeiz"ng), dan pelatihan personal dan spesifik (coaching) untuk hal-hal spesifik dalam implementasi Kurikulum 2013;
  3. Membantu memberikan solusi kontekstual dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat implementasi Kurikulum 2013 di madrasah masing-masing.
  4. Membangun budaya mutu rnadrasah melalui penerapan kurikulum secara inovatif, kontekstual, dan berkelanjutan.

Pendampingan adalah proses pemberian bantuan penguatan pelaksanaan Kurikulurn 2013 kepada pendidik dan tenaga kependidikan madrasah yang sedang dan akan melaksanakanm Kurikulum 2013.

Pemberi pendampingan implementasi Kurikulum 2013 di madrasah, terdiri dari:
  1. Pejabat pada Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat J enderal Pendidikan Islam
  2. Pejabat pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi
  3. Pejabat pad a Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota
  4. Widyaiswara pada Pusdiklat/Balai Diktat Keagamaan
  5. Dosen Perguruan Tinggi
  6. Pengawas Madrasah
  7. Kepala Madrasah
  8. Guru Yang Terlatih

Kegiatan pendampingan dilakukan di lokasi madrasah sasaran yang terdiri dari; 1) madrasah yang ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 481 Tahun 2015, 2) madrasah negeri yang mendapatkan alokasi anggaran Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013.


Pendamping pada dasamya memiliki kompetensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang didampingi agar memiliki kepercayaan diri dalam proses pendampingan serta tidak menimbulkan resistensi pada yang didampingi. Syarat yang perlu dipenuhi untuk menjadi seorang pendamping adalah
  1. memiliki pemahaman secara jelas mengenai konsep dan jiwa Kurikulum 2013, 
  2. memiliki kernampuan menjelaskan persoalan dan berkomunikasi secara baik dengan pihak yang didampingi, 
  3. berjiwa membimbing (tidak menggurui) demi terciptanya rasa nyaman pada pihak yang didampingi, serta 
  4. dapat memberikan bi..mbingan teknis bila diperlukan terkait dengan proses pembelajaran dan penilaian sesuai dengan Kurikulum 2013.

Materi Pendampingan
Kegiatan pendampingan implementasi Kurikulum 2013 difokuskan pada penguatan penerapan Kurikulum 2013, terutama mata pelajaran PAl dan Bahasa Arab oleh guru dan kepala madrasah. Materi pendampingan yang dilakukan rnencakup pernahaman terhadap:
  1.  Buku Guru dan Buku Siswa
  2. Standar Proses Pembelajaran dan Penilaian,
  3. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
  4. Pelaksanaan Pembelajaran,
  5. Pelaksanaan Penilaian
Secara rinci materi-materi tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Buku Guru dan Buku Siswa, meliputi:
    1) Pemahaman materi yang tertuang pada buku
    2) Keterkaitan antara pengetahuan, keterampilan dan sikap
    3) Pernahaman terhadap sumber-sumber belajar lainnya (buku, lingkungansekitarnya, surat kabar/rnajalah/internet yang relevan dengan rnateri pembelajaran)
    4) Keterkaitan an tara sumber-sumber belajar dan alat-alat yang dipergunakan
    5) Penekanan pada high order thinking (contoh-contoh)
  2. Proses pembelajaran dan penilaian
    1) Pembelajaran yang menekankan pada tiga ranah kompetensi melalui pembelajaran pengetahuan untuk mengasah keterampilan dan membentuk sikap
    2) Pembelajaran berbasis aktivitas
    3) Pembelajaran untuk mengasah kreativitas
    4) Penilaian proses
    5) Penilaian kompetensi (secara utuh)
  3. Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran
    1) ldentitas mata pelajaran/tema
    2) Perumusan indikator
    3) Perumusan tujuan pembelajaran
    4) Pemilihan rnateri ajar
    5) Pemilihan sumber belajar
    6) Pemilihan media belajar
    7) Pemilihan metode pembelajaran
    8) Pemilihan strategi pernbelajaran
    9) Penilaian pernbelajaran
  4. Pelaksanaan Pembelajaran, meliputi:
    1) Pendekatan pembelajaran saintifi.k:
    a) Mengajak siswa untuk mengamati
    b) Memotivasi siswa untuk menanya
    c) Memotiviasi siswa untuk menalar
    d) Memotivasi siswa untuk mencoba
    e) Memotivasi siswa untuk menyimpulkan
    2) Pembelajaran melalui Penemuan (Discovery/inquiry learning)
    a) Mengajak siswa untuk mencari tahu
    b) Mengajak siswa untuk memb~ktikan
    3) Pembelajaran melalui prqject
    a) Menyiapkan project untuk clikerjakan siswa
    b) Membiasakan siswa bekerja berkolaborasi
    4) Pembelajaran non-klasikal terutama dengan ko-kurikuler dan ekstra kurikulersebagai implernentasi dari pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran saintifik dan pembelajaran melalui projed 
  5. Pelaksanaan Penilaian, meliputi:
    1) Penilaian oleh guru:
    a) Penilaian kornpetensi pengetahuan
    b) Penilaian kompetensi keterampilan
  6. c) Penilaian kompeteosi sikap
  7. d) Penulisan buku laporan pendiclikan (raper)
    2) Penilaian oleh siswa
    a) penilaian diri sendiri
    b) penilaian antar ternan
Sekian dan Terima Kasih semoga Bermanfaat!!
Tag: #K13

Informasi Terbaru

Back To Top