Program yang Dikembangkan Dalam Pembinaan Karier dan Peningkatan Karier PTK DIKDAS Melalui MGMP SMP 2015

Salam Dapodik News. Bantuan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015 wajib dilaksanakan dalam bentuk pembinaan karier (binkar)secara rutin (reguler). Pertemuan rutin anggota MGMP minimum 16 (enam belas) kali dalam periode tahun anggaran berjalan; Pemanfaatan bantuan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015 ini tidak dibenarkan untuk membiayai kegiatan di luar pembinaan karier sebagaimana dalam poin di atas.
Baca juga : Mekanisme Cara Penyaluran Dana Bantuan Peningkatan Karier PTK SMP Melalui MGMP SMP 2015
Pembinaan karier PTK dikdas wajib dilaksanakan dalam bentuk pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi anggota MGMP dengan pola pertemuan reguler minimal 16 pertemuan.Setiap pertemuan berdurasi 60 menit. Kegiatan MGMP yang didanai melalui pemberian bantuan karier PTK SMP difokuskan pada pengembangan karier guru SMP melalui peningkatan kemampuan di bidang publikasi ilmiah atau karya inovatif sesuai dengan kebutuhan anggota MGMP.

Program yang dikembangkan dalam pembinaan karier dan peningkatan karier PTK SMP, antara lain meliputi.
Materi
Materi pengembangan profesionalisme berkelanjutan (PKB) guru SMP yang dikembangkan dalam program bantuan peningkatan karier PTK SMP, antara lain:
  1. Kebijakan Pendidikan;
  2. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum;
  3. Paparan dan Asistensi Penyusunan Proposal Penelitian;
  4. Paparan dan Asistensi Pelaksanaan Penelitian;
  5. Paparan dan Asistensi Penulisan Laporan Penelitian;
  6. Paparan dan Asistensi Penyusunan Artikel Jurnal;
  7. Evaluasi Penyelenggaraan.
Struktur Program
Struktur program kegiatan didasarkan atas analisis kebutuhan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) untuk publikasi ilmiah dan karya inovatif dari masing-masing MGMP SMP.Berikut contoh pengembangan struktur program.
Struktur Program
alur program
Bagan Alir Pelaksanaan
Bagan alir pelaksanaan pembinaan karier dan/atau peningkatan karier guru SMP melalui kegiatan MGMP SMP disusun berdasarkan atas rancangan program yang akan dilaksanakan. Contoh diagram alir dapat dilihat pada gambar berikut.

Bagan Alir
Metode yang digunakan dalam pelaksanaan peningkatan karier PTK SMP ini, antara lain: ceramah, tanya jawab, diskusi, brainstorming, role playing, kerja kelompok, simulasi, peragaan, eksperimen, studi dokumen, presentasi, dan metode lain yang relevan. Dalam hal penentuan narasumber/fasilitator, MGMP SMP penerima bantuanberkonsultasi dengan disdik.Narasumber/penyaji dalam pembinaan karier ataupeningkatankarier ini, antara lain terdiri dari unsur: LPMP, P4TK, perguruan tinggi, pengawas, guru inti, tenaga kependidikan SMP, unsur dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota, dan tokoh/pakar lain yang relevan dan berkompeten.

Peserta pembinaan karieratau pengembangan karier guru SMP melalui MGMP SMP diatur:
  1. Minimum 30 peserta untuk daerah regular yang secara geografis mudah dijangkau, misal di daerah perkotaan. 
  2. Minimal 10 peserta untuk daerah remote/ terisolir/ terpencil/ terluar /terdepan/ perbatasan;
Jadwal kegiatan peningkatan karier di MGMP SMP, antara lain sebagai berikut.
Jadwal Kegiatan

Indikator keberhasilan yang ditentukan dalam pelaksanaan kegiatan pemberian danabantuan dana peningkatan melalui kegiatan MGMP SMP, yaitu adanya 1.497 MGMP SMP penerima bantuan yang:
  1. memiliki kesamaan persepsi dan komitmen yang tinggi untuk meningkatkan karier guru anggota MGMP SMP masing-masing sesuai dengan kebutuhan di kabupaten/kota terkait;
  2. dapat meningkatkan motivasi, frekuensi, dan intensitas kegiatan peningkatan karier bagi guru anggota MGMP SMP masing-masing di kabupaten/kota terkait;
  3. berhasil meningkatkan karier guru anggota MGMP SMP masing-masing sesuai dengan kebutuhan di kabupaten/kota terkait.

Informasi Terbaru

Back To Top