5 Materi Latihan Kepemimpinan Calon Kepala Sekolah

Salam Dapodik News. Proses Penyiapan Calon dan pengangkatan Kepala Sekolah/madrasah diatur dalam Permendiknas Nomor 28 tahun 2010.

Seorang Calon Kepala Sekolah yang dinyatakan telah lulus seleksi administrasi dan akademik akan menempuh tahapan Pendidikan dan Latihan bagi Calon Kepala Sekolah/madrasah (Diklat Cakep).

Dalam pendidikan dan latihan Calon Kepala sekolah peserta akan mendapatkan berbagai materi materi yang berkaitan dengan tupoksi (tugas, pokok dan fungsi kepala sekolah) meliputi kepeimpinan dan manjerial sekolah.

Kepala sekolah sebagai pemimpin dari sekolah, harus memiliki jiwa kepemimpinan walalupun pada hakikatnya seorang kepala sekolah adalah guru namun terkadang pada saat menjabat kepala sekolah melupakan esensi dari kepala sekolah sebagai pemimpin yang membawahi seluruh warga sekolah dan sebagai penentu kemajuan sekolah.

Materi diklat calon Kepala sekolah tentang kepemimpinan memuat 5 poin, sebagai berikut:

Kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) disebut juga sebagai Learning-Centred Leadership.

Indikator keberhasilan dari kepemimpinan kepala sekolah pada aspek ini adalah kemampuan mengembangkan kualita spembelajaran terutama pada kualitas lulusannya.

Kepemimpinan pendidikan

Kepemimpinan pendidikan adalah kemampuan untuk mempengaruhi, mendorong, menggerakkan mengarahkan, memberdayakan seluruh sumberdaya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Integritas kepribadian sebagai Kepala Sekolah

Integritas adalah nilai moral tertentu yang dipegang erat yang terbentuk dalam tindakan yang mencerminkan manusia yang bermoral dan bermartabat. kepala sekolah yang memiliki integritas diantaranya dapat dilihat dari ciri-ciri berikut ini bertanggungjawab, dapat dipercaya, komitmen, konsisten, komitmen, dan bijaksana.

Bekerja sama dengan pihak lain dan memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain

Bekerjasama dan kepekaan sosial merupakan nilai peduli sosial dari nilai budaya bangsa yang harus dimiliki dan dibiasakan oleh kepala sekolah dalam menangani masalah dan menjalankan tugas keseharian kepala sekolah di tempat tugasnya.

Jiwa kewirausahaan calon kepala sekolah

Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah proses menciptakan sesuatu yang baru dan berani mengambil risiko dan mendapatkan keuntungan. Para ahli sepakat bahwa yang dimaksud dengan kewirausahaan menyangkut tiga perilaku yaitu: kreatif, komitmen (motivasi tinggi dan penuh tanggung jawab), serta berani mengambil risiko dan kegagalan.

Materi latihan kepemimpinan calon kepala sekolah ini merupakan ringkasan dari bahan yang dapat anda download pada link berikut ini Materi Pembelajaran Latihan Kepemimpinan Kepala Sekolah, semoga bermanfaat

Informasi Terbaru

Back To Top