Ujian Nasional Secara Online Akan Digelar Bulan April 2015

Salam Dapodik News. Setelah ditetapkannya jadwal jadwal Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 April-15 April 2015 dan untuk tingkat SMP sederajat yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 - 7 Mei 2015. Untuk pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat tahun 2015 ini telah di agendakan dan tercantum dan dalam prosedur operasional standar (POS) yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (Baca : Jadwal Pelaksanaan UN dan Kisi-Kisi Ujian Nasional tahun pelajaran 2014-2015)

Untuk Ujian Nasional 2015 akan diselenggarakan secara Online, di Indonesia terdapat 58 ribu sekolah. namun hanya ada sekitar 500 sekolah yang benar-benar siap untuk melaksanakan Ujian Nasional secara Online terutama SMK." dimana Proses ujian nasional akan diselenggarakan di laboratorium komputer sekolah, dan kemudian jawaban akan dikumpulkan ke server melalui jaringan internet. UN online ini akan diselenggarakan pada tahun 2015 dan dilaksanakan di sekolah yang terpilih.

wakil menteri pendidikan dan kebudayaan, mengatakan bahwa pemerintah akan menunjuk 10 (sepuluh) sampai dengan 30 (tiga puluh) sekolah di setiap provinsi sebagai lokasi untuk menyelenggarakan uji coba UN online. Setiap sekolah akan memiliki jadwal tes yang berbeda dan akan ada lebih banyak versi dan variasi soal ujian untuk menghindari terjadinya kebocoran soal. (Baca: Jadwal dan Tempat Pelaksanaan Ujian Nasional 2015)

Keunggulan pelaksanaan ujian nasional secara online menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kemendikbud Antara lain adalah , untuk menghemat anggaran untuk pengadaan kertas ujian dan penggandaannya. Kemudian, ujian nasional yang laksanakan secara online bisa menekan potensi kebocoran soal ujian serta mengoptimalkan pemanfaatan IT di dunia pendidikan. ujian secara online diberi nama computer based test (CBT). pelaksanaan ujian online pada 2015 masih bersifat percontohan, karena itu, belum semua siswa SMA dan SMK mengikuti ujian nasional dengan sistem online.klik untuk melihat Kisi kisi Ujian Nasional 2015.

Terima kasih semoga bermanfaat.

Informasi Terbaru

Back To Top