SD Muhammadiyah 4 Surabaya Juara Olimpiade Robotika 2015 di Singapura

Salam Dapodik News. Setelah tahun 2014 lalu SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya, Jawa Timur, sukses menggondol juara pada lomba Robocup Singapore 2014 di Singapura, 

Kini masyarakat surabaya khususnya dan seluruh warga indonesia patutlah berbangga karena anak anak Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 4, Surabaya Berhasil menyabet juara dalam kejuaraan Olimpiade Robotika 2015 yang diselenggarakan di Singapura pada 26-28 Maret 2015, 

mereka membuat dua robot kategori Rescue Line Primary. Robot pertama yang diberi nama Robofighter memiliki fungsi untuk memindahkan objek dengan sensor line (garis) hitam. Objek sasaran robot ialah bola yang berdiameter 5 cm. Sedangkan robot  dari tim kedua yang diberi nama Roborush. 

Dari segi objek sasaran kedua robot tidak ada yang berbeda,hanya yang membedakan yaitu cara untuk mengambil objek. Robot Roborush mengambil objek dengan cara menjepitkan bola dan memasukkan serta membawanya. namun berbeda dengan Robot Robofighter,hanya mengambil objek dengan cara menjepitkan nya saja.

Bola yang dibawa pada kedua robot ini kemudian dibawa ke dalam titik hitam pada area yang sudah ditentukan, kedua robot ini bisa digunakan untuk membantu korban bencana alam dan kebakaran. 

Saat dilombakan kedua robot tersebut Roborush dan Robot Robofighter berhasil melintasi garis hitam tanpa kesalahan satu pun. dan berhasil melewati halangan yang dihadapi kedua robot tersebut ,halangan tersebut berupa sebuah balok yang berukuran panjang 5 cm, lebar 5 cm dan tinggi 10 cm.

Tentunya Kita sebagai warga negara indonesia patutlah berbangga dengan hasil yang telah di peroleh adik adik kita di SD Muhamadiyah 4 surabaya.

Informasi Terbaru

Back To Top