Ingin Membedakan Karya Ilmiah Dengan Tulisan Biasa Inilah 4 Ciri Yang Dapat Kita Kenali

Salam Dapodik News.
Karya tulis ilmiah berbeda dengan karya tulis biasa, atau tulisan- tulisan yang sering kita temukan, karya ilmiah harus memiliki persyaratan akademik dan kaidah-kaidah ilmiah yang harus dipatuhi.

Bagi yang masih awam dalam membedakan tulisan ilmiah dengan tulisan biasa atau tulisan berbentuk berita alangkah baiknya kita mengenali beberapa ciri yang dapat kita kenali, dianta ciri-ciri karya ilmiah paling tidak ada 4 ciri yang bisa kita identifikasi yaitu :
  1. Struktur Sajian; Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup. Bagian awal merupakan pengantar ke bagian inti, sedangkan inti merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan yang dapat terdiri dari beberapa bab atau subtopik. Bagian penutup merupakan kesimpulan pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan tersebut. 
  2. Komponen dan Substansi; Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak. 
  3. Sikap Penulis; Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah obyektif, yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua. 
  4. Penggunaan Bahasa; Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata/istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.
Nah,, setelah  mengetahui beberapa ciri karya ilmiah diatas, kita semakin paham mana yang termasuk katagori tulisan ilmiah ataupun bukan ilmiah. Yang pasti, tulisan yang sedang anda baca ini adalah tidak bisa dikatagorikan sebagai tulisan ilmiah, Semoga bermanfaat..!  

Informasi Terbaru

Back To Top