rpp kurikulum 2013 revisi

Mekanisme Penyaluran Tunjangan Profesi Melalui Mekanisme Dana Transfer Daerah Tahun 2015

Salam Dapodik News Pembayaran tunjangan profesi bagi guru PNSD melalui mekanisme dana transfer daerah meliputi: kriteria guru penerima tunjangan profesi, pembayaran tunjangan profesi, jadwal pelaksanaan program, mutasi, pembatalan, dan penghentian pembayaran tunjangan profesi, pengendalian, pengawasan, dan pelaporan, serta sanksi atas pelanggaran dalam pelaksanaannya. Untuk Mekanisme penyaluran tunjangan profesi melalui mekanisme dana transfer daerah tahun 2015 secara umum adalah sebagai berikut :
  1. Badan Pengembangan umber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan data kelulusan  tahun 2014 dan Nomor Registrasi Guru (NRG) sebelum akhir Desember 2014. 
  2. Direktorat Pembinaan PTK Dikdas menerbitkan SKTP 2 (dua) tahap dalam satu tahun.  Tahap 1 berlaku untuk semester satu,terhitung mulai bulan Januari sampai dengan Juni (6 bulan), sedangkan tahap 2 berlaku untuk semester dua terhitung mulai bulan Juli sampai  dengan Desember (6 bulan). Direktorat Pembinaan PTK Dikmen dan PAUDNI menerbitkan  SKTP 1 (satu) kali dalam satu tahun. 
  3. SKTP diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan PTK terkait untuk calon penerima tunjangan  profesi yang memenuhi syarat, kemudian menyampaikannya ke provinsi/kabupaten/kota  sesuai dengan kewenangannya. 
  4. Apabila ada perubahan data individu penerima tunjangan profesi, maka akan diterbitkan  SKTP baru pada semester berikutnya bagi jenjang guru dikdas dan pada tahun berikutnya  bagi jenjang guru Dikmen dan PAUDNI dengan disertai bukti perubahan data dari dinas  pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya. 
  5. Guru memiliki hasil penilaian kinerja sebagaimana tercantum dalam Format yang ada di Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dalam masa transisi, sampai dengan akhir tahun 2015, tunjangan profesi diberikan bagi guru tanpa memperhitungkan  nilai dari hasil penilaian kinerja guru dan instrumen sesuai dengan Permendiknas Nomor 35  Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka  Kreditnya..  Bagi guru yang telah melaksanakan penilaian kinerja guru sumatif tahun 2014, hasil  penilaian kinerja gurunya dilaporkan kepada kepala dinas pendidikan  provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya pada awal tahun 2015.  Bagi guru yang belum pernah melaksanakan penilaian kinerja guru, wajib melaksanakannya  pada awal tahun 2015 (penilaian formatif) sebagaimana diatur dalam Permendiknas Nomor  35 Tahun 2010 dan Buku Pedoman Penilaian Kinerja Guru dari Departemen Pendidikan  Nasional.  Hasil penilaian kinerja guru sumatif tahun 2014 atau penilaian kinerja guru formatif tahun 2015 inilah yang menjadi bukti pelaksanaan penilaian kinerja guru untuk pembayaran tunjangan profesi tahun 2015. Hasil Penilaian kinerja guru yang diakui adalah hasil penilaian yang sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya. Untuk tahun-tahun berikutnya, guru wajib meningkatkan hasil penilaian kinerja sumatif  tahun 2015 karena mulai tahun 2016 tunjangan profesi akan diberikan bagi guru dengan  hasil penilaian kinerja guru minimal baik. Mekanisme verifikasi hasil penilaian kinerja guru  diatur sebagai berikut. (1)Untuk jenjang pendidikan dasar, pengawas memverifikasi hasil penilaian kinerja guru terhadap guru yang menjadi binaannya, mengentrikan hasilnya melalui aplikasi  SIMPAK, dan melaporkannya kepada dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota  sesuai dengan kewenangannya. (2) Untuk Jenjang pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Menengah, hasil penilaian kinerja guru diverifikasi oleh dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan  kewenangannya. 
  6. Untuk jenjang PAUDNI dan pendidikan menengah, guru yang memenuhi persyaratan SKTP nya akan diterbitkan. Tunjangan profesi guru dibayarkan setelah dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya memverifikasi hasil penilaian  kinerja guru. 
  7. Untuk jenjang pendidikan dasar, guru yang memenuhi persyaratan, SKTP nya akan diterbitkan setelah Pengawas sebagaimana dimaksud dalam angka 5 huruf a memverifikasi  hasil penilaian kinerja guru yang dimaksud, dan mengentrikannya. 
  8. Bagi guru yang mengikuti program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) dengan pola pendidikan dan latihan (diklat) paling banyak 100 jam (14 hari kalender) dalam nbulan yang sama, dan mendapat izin/persetujuan dari dinas pendidikan setempat, maka tunjangan profesinya tetap dibayarkan. 
  9. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya melakukan  verfikasi bukti fisik ekuivalensi kegiatan pembelajaran/pembimbingan yang disampaikan  oleh kepala sekolah sesuai format bagi guru yang bertugas pada SMP/SMA/SMK yang melaksanakan kurikulum 2013 pada semester pertama kemudian kembali melaksanakan kurikulum 2006 pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 
  10. Selama liburan berdasarkan kalender akademik, guru tetap memperoleh tunjangan profesi.
  11. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya melaporkan realisasi pembayaran setiap triwulan kepada: (a.)Direktorat Pembinaan PTK terkait, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap triwulan dengan format sebagaimana lampiran 1 disertai dengan nama penerima  tunjangan profesi. (b.) Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan dengan format  sebagaimana lampiran tersebut pada PMK pada bulan Agustus untuk laporan  semester I (triwulan 1 dan 2) dan pada bulan April tahun anggaran berikutnya untuk  semester II (triwulan 3 dan 4). 
  12. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya melaporkan penyerapan atau penyaluran tunjangan profesi per triwulan sebagaimana berikut. Laporan triwulan I paling lambat akhir bulan April 2015,  Laporan triwulan II paling lambat akhir bulan Juli 2015.  Laporan triwulan III paling lambat akhir bulan Oktober 2015.  Laporan triwulan IV paling lambat akhir bulan Desember 2015. 
  13. Tunjangan profesi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan setiap triwulan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  14. Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi dilakukan  pada periode antara bulan Mei sampai Desember tahun berjalan dengan berkoordinasi dengan stakeholder terkait.
  15. Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan dan Perencanaan Anggaran memperhatikan hal-hal berikut. 
  • Apabila terjadi kekurangan atau kelebihan dana yang dialokasikan dengan realisasinya, maka akan diperhitungkan pada tahun anggaran berikutnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 
  • Tunjangan profesi dan kurang bayar tahun-tahun sebelumnya bagi guru PNSD dibayarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya sesuai lokasi terbitnya SK. 
  • Apabila terjadi perubahan tempat tugas atau status kepegawaian guru antarsatuan pendidikan, antarjenis pendidikan dalam satu Dinas Pendidikan Provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya, antarkabupaten/kota, antarprovinsi, dan antarkementerian, baik atas kepentingan kedinasan atau pemekaran wilayah, guru PNSD menjadi pengawas satuan pendidikan, maka tunjangan profesi bagi guru PNSD dibayarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya sesuai lokasi terbitnya SK tunjangan profesi pada tahun anggaran berjalan dengan melampirkan bukti fisik beban mengajar minimal 24 jam per-minggu atau ekuivalensinya dari tempat tugas yang baru. Status yang bersangkutan akan disesuaikan pada SK tunjangan profesi tahun berikutnya, sedangkan untuk pengawas pendidikan khusus dan pengawas pendidikan dasar dibayarkan melalui dana Direktorat Pembinaan PTK Dikdas, pengawas pendidikan menengah dibayarkan melalui dana Direktorat Pembinaan PTK Dikmen, pengawas TK dibayarkan melalui dana Direktorat Pembinaan PTK PAUDNI. 
  • Apabila terjadi mutasi guru PNSD menjadi pejabat struktural, fungsional lainnya, meninggal dunia atau karena pensiun dini, maka tunjangan profesi guru PNSD tersebut maka pembayaran tunjangan profesinya akan dihentikan bulan berikutnya kecuali mutasi guru PNSD menjadi pengawas satuan pendidikan.
Sekian dan Terima Kasih ,,,,Semoga bermanfaat!!!!!

Informasi Terbaru

Back To Top