Mau Tahu Beasiswa Favorit Kuliah Di Eropa? Erasmus Mundus Jawaban Untuk Dipilih Pelajar Indonesia

Salam Dapodik News.
Bagi para pelajar Indonesia yang akan melanjutkan studi di Eropa sebaiknya mengetahui negara yang akan dituju terutama yang termasuk dalam kumpulan negara uni Eropa. Ada 28 Negara Anggota Uni Eropa (Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Estonia, Irlandia, Yunani, Spanyol, Perancis, Kroasia, Italia, Siprus, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Hongaria, Malta, Belanda, Austria, Polandia, Portugal, Rumania, Slovenia, Slowakia, Finlandia, Swedia dan Kerajaan Inggris)

Eropa hingga saat ini masih menjadi tujuan menarik bagi mahasiswa asing untuk menempuh pendidikan. Selain memiliki berbagai destinasi negara yang menarik, sistem pendidikan di Eropa juga sangat berpotensi dalam dunia pendidikan. Nah, ada beasiswa Favorite nih yang disediakan Uni Eropa buat pelajar Internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di berbagai negara di belahan benua Eropa.

Erasmus Mundus nama beasiswanya. Nama Erasmus Berasal dari Tokoh bernama Desiderius Erasmus Rotterdamus yang merupakan Ahli Theologi dan Humanis kebangsaan Belanda abad ke-15. Selama hidupnya ia belajar di sekolah monastik terbaik di berbagai negara Eropa serta terkenal sebagai pelajar terpandai pada masanya.

Program Erasmus Mundus adalah sebuah program kerjasama dan mobilitas dalam bidang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempromosikan Uni Eropa sebagai pusat keunggulan ilmu di dunia. Beasiswa Erasmus Mundus adalah bantuan hibah dari Uni Eropa yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan kepada mahasiswa/i lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa untuk mengikuti Program-program Magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun.

Manfaat Beasiswa Erasmus Mundus
Belajar paling sedikit di 2 universitas dan 2 negara anggota Uni Eropa yang berbeda Ijazah double, multiple, joint degree Meningkatkan kemampuan bahasa asing /Eropa Tidak ada ikatan dinasStudi + Tamasya

Apa saja nilai tambahnya?
Program-program Magister Erasmus Mundus merupakan program-program studi yang terpadu pada tingkat magister (tidak diperuntukkan bagi tingkat S1 dan S3) yang ditawarkan oleh Konsorsium Magister Erasmus Mundus

Mahasiswa/i akan menjalani masa kuliah di sekurang-kurangnya 2 dari 3 lembaga pendidikan yang ikut serta dalam program ini yang terletak di 2 negara Eropa yang berbeda. Dalam suatu konsorsium yang minimum terdiri atas 3 universitas (A, B, C), maka mahasiswa/i akan menjalankan perkuliahan di universitas A+B, A+C, B+C atau A+B+C. Akademisi tidak diwajibkan, namun biasanya ditawarkan untuk melaksanakan sebagian dari pekerjaan ilmiah mereka di lembaga pendidikan kedua dalam konsorsium

Program-program Magister Erasmus Mundus akan menghasilkan pemberian gelar kesarjanaan ganda atau bersama.Sebuah Program Magister Erasmus Mundus terdiri atas 60 sampai dengan 120 kredit European Credit Transfer System (ECTS) pada tingkat magister yang memerlukan jangka waktu pendidikan selama 1 hingga 2 tahun akademik

Program-program Magister Erasmus Mundus mencakup berbagai macam disiplin ilmu: ilmu pertanian dan kehutanan, ilmu bisnis dan manajemen, ilmu komunikasi dan informasi, pendidikan dan pengajaran, teknik dan teknologi, humaniora, hukum, dll.

Konsorsium Magister Erasmus Mundus adalah suatu kelompok yang terdiri atas sekurang-kurangnya 3 lembaga pendidikan tinggi dari 3 negara Eropa yang berbeda yang telah dipilih oleh Komisi Eropa untuk melaksanakan Program Magister Erasmus Mundus.

Berapa Nilai Bantuan Beasiswa ini? 

1. Untuk program mahasiswa S2 :
  • € 24,000 per mahasiswa/i per tahun atau
  • € 48,000 per mahasiswa/i untuk 2 tahun
2. Untuk para akademisi :
€ 14,800 per orang per 3 bulan (akomodasi,tunjangan bulanan, biaya perjalanan)
Beasiswa dibayarkan langsung kepada para penerima beasiswa melalui Konsorsium.

Dokumen yang harus dikirimkan: 
  1. 1. Formulir Aplikasi
  2. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  3. Ijazah & nilai akademis (legalisir)
  4. Surat motivasi
  5. Surat rekomendasi
  6. Kemampuan bahasa
  7. Dokumen harus diterima sebelum tenggat waktu / deadline
  8. Boleh daftar di maksimum 3 program EMMC
  9. Kirim formulir aplikasi ke Konsorsium EMMC, tidak perlu kirim ke UniEropa
Pengajuan permohonan untuk mengikuti Program Magister Erasmus Mundus dan mendapatkan Beasiswa Erasmus Mundus harus disampaikan langsung ke Konsorsium Magister Erasmus Mundus yang menawarkan program tertentu yang diminati. Surat permohonan tidak dapat diajukan ke Komisi Eropa.

Persyaratan khusus dan kriteria penerimaan (misalnya: hasil studi, kemampuan bahasa, dll) ditentukan oleh masing-masing Konsorsium. Persyaratan yang ditentukan antara satu konsorsium dengan konsorsium lainnya dapat saja berbeda.

Informasi Terbaru

Back To Top