Latihan Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Agribisnis Produksi Ternak SMK

Salam Dapodik News.
Uji Kompetensi Guru
Jenjang/Tingkat: Agribisnis Produksi Ternak (SMK) 2015
Perintah: Silahkan pilih jawaban yang anda anggap benar?

1. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung
D. informatika
E. Semua jawaban salah

2. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
A. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
B. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
C. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
D. abstrak, bagian inti, penutup
E. Semua jawaban benar

3. Kapan tahapan observasi dilakukan?
A. mulai sebelum pelaksanaan
B. pada saat pelaksanaan tindakan
C. setelah pelaksanaan tindakan
D. semua jawaban benar
E. E.semua jawaban salah

4. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
A. memberikan umpan balik bagi siswa
B. mendiagnosis kesulitan belajar siswa
C. memberikan umpan balik bagi guru
D. mengontrol perkembangan siswa
E. Semua jawaban salah

5. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
A. kelayakan ide untuk dipublikasikan
B. wacana tentang ide yang sedang berkembang
C. kesiapan ide untuk didiskusikan
D. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
E. Ada 2 jawaban yang benar

6. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
A. panjang tulisan
B. nada tulisan
C. gaya tulisan
D. bahasa tulisan
E. Semua jawaban salah

7. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
E. Semua jawaban salah

8. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
A. menjelaskan partisipan
B. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
C. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
D. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian

9. Tahapan PTK yang paling tepat adalah .....
A. perencanaan – pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis
B. refleksi – analisis – perencanaan – pelaksanaan
C. perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi
D. refleksi –perencanaan – pelaksanaan – analisis.
E. perencanaan - Pelaksanaan - Analisis

10. Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A. Pembelajaran Kelas Rangkap
B. Lesson Study
C. PAKEM
D. CBSA
E. Tidak ada jawaban benar

11. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A. abstrak
B. pendahuluan
C. diskusi
D. referensi
E. Ada 2 jawaban benar

12. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
A. senjata makan tuan
B. kumbang cantik pengisap madu
C. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D. pengaruh obat bius yang menghebohkan
E. Semua jawaban benar

13. Sains mencakup:
(1) metode ilmiah
(2) sikap ilmiah
(3) produk ilmiah
(4) pengetahuan
Pernyataan yang benar adalah ....
A. pernyataan (1) dan (3)
B. pernyataan (2) dan (4)
C. pernyataan (2) dan (3)
D. pernyataan (1), (2), dan (3)
E. Pernyataan 1,2,3, 4

14. Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A. dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B. praktis
C. dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D. dapat mengetahui prestasi kelompok
E. Semua jawaban benar

15. Kapan tahapan observasi dilakukan?
A. mulai sebelum pelaksanaan
B. pada saat pelaksanaan tindakan
C. setelah pelaksanaan tindakan
D. semua jawaban benar
E. semua jawaban salah

16. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
E. Tidak ada jawaban

17. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
E. Tidak ada jawaban yang benar

18. Kelebihan soal obyektif antara lain ...
A. materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B. menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C. scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D. materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E. Ada 2 jawaban benar

19. Penilaian sikap lebih sulit dilakukan, karena ...
A. sumber kesalahan bersumber pada subjek yang dinilai
B. stabilitas emosi subjek yang dinilai
C. indikator perilaku sangat banyak jumlahnya
D. reliabilitasnya bergantung pada variabel perilaku yang relevan
E. Semua jawaban benar

20. Kegiatan asesmen untuk siswa SD sebagian besar dilakukan dengan cara...
A. Melakukan tanya jawab secara langsung dengan anak
B. Memberikan tes, baik sifatnya informal maupun yang formal
C. Mengamati kegiatan memecahkan yang dilakukan siswa.
D. Semuanya jawaban benar.
E. Semua jawaban salah

21. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A. abstrak
B. pendahuluan
C. diskusi
D. referensi
E. Ada 2 jawaban benar

22. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
A. senjata makan tuan
B. kumbang cantik pengisap madu
C. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D. pengaruh obat bius yang menghebohkan
E. Semua jawaban benar

23. Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A. dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B. praktis
C. C.dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D. dapat mengetahui prestasi kelompok
E. Semua jawaban benar

24. Kapan tahapan observasi dilakukan?
A. mulai sebelum pelaksanaan
B. pada saat pelaksanaan tindakan
C. setelah pelaksanaan tindakan
D. semua jawaban benar
E. semua jawaban salah

25. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
E. Tidak ada jawaban

26. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
E. Tidak ada jawaban yang benar

27. Kelebihan soal obyektif antara lain ...
A. materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B. menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C. scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D. materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E. Ada 2 jawaban benar

28. Penilaian sikap lebih sulit dilakukan, karena ..
A. sumber kesalahan bersumber pada subjek yang dinilai
B. stabilitas emosi subjek yang dinilai
C. indikator perilaku sangat banyak jumlahnya
D. reliabilitasnya bergantung pada variabel perilaku yang relevan
E. Semua jawaban benar

29. Kegiatan asesmen untuk siswa SD sebagian besar dilakukan dengan cara...
A. Melakukan tanya jawab secara langsung dengan anak
B. Memberikan tes, baik sifatnya informal maupun yang formal
C. Mengamati kegiatan memecahkan yang dilakukan siswa.
D. Semuanya jawaban benar.
E. Semua jawaban salah

30. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
E. Semua jawaban salah

31. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
E. Semua jawaban salah

32. Mereka merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan baru adalah
A. Late Majority
B. Late Adopters
C. Early Majority
D. Early Adopters
E. Ada 2 jawaban benar

33. Mereka yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi inovasi adalah . . . .
A. Inovators
B. Early Adopters
C. Early Majority
D. Late Majority
E. Tidak ada jawaban

34. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung
D. informatika
E. Semua jawaban salah

35. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
A. panjang tulisan
B. nada tulisan
C. gaya tulisan
D. bahasa tulisan
E. Semua jawaban salah

36. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses penilaian kelas, kecuali ...
A. perencanaan dan penyusunan alat penilaian
B. penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasi
C. pengumpulan informasi dan pengolahan hasil penilaian
D. penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
E. Semua jawaban salah


37. Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ....
A. Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi
B. Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C. Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu
D. Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E. Tidak ada jawaban benar


38. Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu
A. Relative advantages
B. Complexity
C. Observability
D. Compatibility
E. Semua jawaban salah

39. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
E. Semua jawaban salah

40. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
E. Tidak ada jawaban

41. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A. Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B. Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C. Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D. Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E. Tidak ada jawaban

42. Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut:
A. Pengukuran
B. Asesmen
C. Tes
D. Evaluasi
E. Semua benar

43. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A. memaparkan bidang ilmu tertentu
B. merupakan deskripsi suatu kejadian
C. menggunakan gaya bahasa resmi
D. disajikan secara sistematis
E. Semua jawaban salah

44. Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list adalah ...
A. penilaiannya mutlak
A. subjek yang dinilai lebih terbatas
B. pedoman penilaian lengkap
C. lebih praktis
D. Semua jawaban benar

45. Salah satu sikap ilmiah yang harus dikembangkan melalui belajar sains adalah...
A. skepstis
B. apatis
C. pesimis
D. romantis
E. Semua jawaban salah

46. Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A. butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B. pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C. materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D. banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E. Semua jawaban benar

47. Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .
A. Relative advantages
B. Compatibility
C. Trialability
D. Complexity
E. Semua jawaban benar

48. Di antara pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan proyek adalah...
A. Kurang dapat membangkitkan kreativitas dan daya cipta siswa
B. Bisa digunakan dengan cooperative learning
C. Pengetahuan dan keterampilan siswa dapat diintegrasikan
D. Bisa digunakan untuk individu maupun kelompok.
E. Ada 2 jawaban benar

49. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A. abstrak
B. pendahuluan
C. diskusi
D. referensi
E. Ada 2 jawaban benar

50. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
E. Tidak ada jawaban

Informasi Terbaru

Back To Top