Analisis Buku Ajar atau Analisis Program Layanan BK-TIK Unsur Penilaian Penting Dalam Penyusunan RPL

Salam Dapodik News.
Analisis Buku Ajar atau Analisis Program Layanan BK-TIK Unsur Penilaian Penting Dalam Penyusunan RPL

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kedudukan Bimbingan Konseling dalam sistem pendidikan di Indonesia ada didalam undang undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan naisonal beserta  perangkat peraturan pemerintahanya, sedangkan hal hal yang berhubungan dengan  pendidikan dasar dimana sekolah dasar ada didalamnya dibicarakan secara khusus dalam PP No. 28/1999 tentang pendidikan dasar bab X. pada pasal 25 ayat I, dalam PP tersebut dikatakan bahwa :
Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan peribadi, mengenal ligkungan dan merencanakan masa depan. bimbingan diberikan oleh guru pembimbing.
Pada kesempatan yang lalu kita sudah menguraikan dan menjelaskan tentang Beberapa Unsur Penting dalam Penilaian Penyusunan RPL diantaranya adalah :
a.       Deskripsi diri
b.      Pengalaman Mengajar 
c.       Pendidikan S2/S3
d.      Pelatihan 
Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba menjelaskan tentang Unsur penting lainnya dalam Penyusunan RPL yaitu : Analisis Buku Guru/Siswa (Guru Kelas/Guru Mapel) atau Analisis Program Layanan BK/Guru BK)
Analisis buku ajar merupakan kegiatan yang menggambarkan tentang kemampuan seorang Pengajar dalam melakukan analisis materi ajar sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran yang bersumber dari buku guru dan buku siswa kurikulum 2013. 
Dokumen yang dikumpulkan pada komponen ini adalah hasil analisis buku ajar sesuai dengan format yang disediakan (format terlampir), Kemampuan analsis buku ajar akan terlihat pada kualitas pengembangan materi ajar sebagai suplemen RPP.
Analisis program layanan BK/TIK merupakan kemampuan guru Bimbingan Konseling (BK) atau guru Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) dalam melakukan analisis program layanan yang akan dilaksanakan di sekolah dalam implementasi BK/TIK.
Program bimbingan TIK terdiri dari kegiatan Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Tindak Lanjut. 
Kemampuan analisis guru BK/TIK akan terlihat dalam inovasi program layanan yang dituangkan sebagai komponen RPPBK/RPBTIK.
Bentuk Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Bimbingan dan Konseling (BK) harus memenuhi komponen diantaranya adalah  : Materi layanan, Tujuan Layanan, Kegiatan Layanan Sumber, Bahan dan Alat Penilaian.

Sekian dan terima kasih anda telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke laman kami, semoga informasi diatas  bermanfaat.
Tag: #PPGJ, #RPL

Informasi Terbaru

Back To Top