Validasi Menu Data Residu Verval Peserta Didik Aplikasi Dapodikdas

Salam dapodiknews


Residu berisi data Peserta Didik yang tidak lolos validasi otomatis karena terdapat perbedaan antara data di Dapodik dengan data di PDSP. Sehingga server PDSP mengalami "kebingungan" untuk menentukan apakah itu data Peserta Didik yang sama ataukah data milik Peserta Didik yang berbeda. Nah disinilah tugas Operator untuk memastikan data-data tersebut milik siapa
Tabel Residu dibagi menjadi 2 (dua) bagian.

1. Bagian atas berisi data dari Dapodik yang ditemukan perbedaan dengan data di PDSP, entah perbedaan nama, tanggal lahir, bahkan ada satu NISN yang dimiliki dua Peserta Didik yang berbeda.

2. Bagian bawah berisi data dari PDSP yang terkait dengan data yang dipilih. Tabel bagian bawah ini hanya akan muncul jika kita memilih (klik) salah satu Peserta Didik di bagian atas. Disini akan muncul 3 (tiga) tombol yaitu Search Next (cari berikutnya), Match (cocok), dan Not Match (tidak cocok).

Search Next =>> Tombol ini digunakan untuk melakukan pencarian lanjutan, jika data yang muncul di bagian bawah tidak ada yang mengarah ke data Peserta Didik yang kita pilih di bagian atas. Pencarian dapat dilakukan beberapa kali untuk memastikan kita menemukan data yang tepat.

Match =>> Tombol ini digunakan jika di bagian bawah muncul data Peserta Didik yang mirip dengan data yang kita pilih di bagian atas, dengan sedikit perbedaan mungkin pada penulisan nama. Namun terindikasi bahwa data tersebut memang benar adalah milik Peserta Didik yang sama. Jika kita yakin itu satu orang yang sama, klik tanda centang lalu klik Match. Melakukan ini akan memindahkan data dari Residu dan masuk ke Referensi dengan membawa NISN lama, namun datanya mengikuti yang terbaru.

Not Match =>> Tombol ini digunakan jika di bagian bawah tidak ada data yang muncul (no records to display) atau muncul data Peserta Didik yang tidak mirip dengan data yang kita pilih di bagian atas. Biasanya tombol ini tidak langsung aktif, kita harus melakukan Search Next hingga 5 kali (pencarian 6) untuk memastikan tidak ada data yang mirip. Barulah tombol akan aktif dan bisa diklik. Jika kita klik Not Match, data akan pindah ke Referensi dan akan diberi NISN baru.

Berikut langkah-langkah validasi data Residu:

  1. Login ke vervalpd.data.kemdikbud.go.id.
  2. Klik menu Residu
  3. Pilih (klik) salah satu data Peserta Didik yang ingin di validasi.
  4. Tunggu hingga server selesai melakukan pencarian 1.
  5. Setelah selesai loading, perhatikan data yang muncul. Lalu lakukan validasi sesuai data yang muncul tadi (silahkan pahami penjelasan tentang Match dan No Match di atas): Jika yang muncul adalah data milik Peserta Didik yang sama dengan yang kita pilih pada langkah 3, beri centang lalu klik Match.; Jika yang muncul adalah data milik Peserta Didik yang berbeda, klik Search Next untuk melakukan pencarian kedua, jika tetap berbeda lakukan terus hingga pencarian keenam, lalu klik Not Match.
  6. Ulangi langkah 3-5 untuk Peserta Didik yang lain hingga Residu kosong.

Silahkan dicek pada menu Referensi. Jika ternyata masih ada data yang salah nama atau tanggal lahir, lakukan pengajuan perubahan.

Semoga bermanfaat. Kunjungi juga http://imbogor.com

Informasi Terbaru

Back To Top