Fungsi Dan Menu Isian Tabel Sekolah Pada Aplikasi Dapodikdas 3.0.2

Salam Dapodik News. Pada Tabel Sekolah Terdapat berbagai formulir Pengisian Data sekolah, di dalam tab sekolah ini dibagi ke dalam beberapa bagian. Diantaranya adalah:
Identitas Sekolah & Lokasi Sekolah

Pada aplikasi dapodikdas ini pada bagian Identitas Sekolah terkunci. Artinya, operator sekolah dalam hal ini tidak bisa mengubah data baik itu nama sekolah, NSS, NPSN, bentuk pendidikan, status sekolah, status kepemilikan, SK izin operasional, tanggal SK izin operasional dan kabupaten/kota. Jika ada perubahan data pada identitas sekolah, operator harus melaporkan perubahan tersebut ke operator dinas kab/kota atau ke pusat. Isian lokasi sekolah terdiri dari alamat, RT, RW, nama dusun, desa/kelurahan, kode pos, kecamatan, lintang, dan bujur.

             Gambar 1.1 laman isian identitas dan lokasi sekolah


                         Gambar 1.2 identitas sekolah



                     Gambar 1.3 lokasi sekolah

Data Pelengkap & Kontak Sekolah
Pada isian ini, terdapat data-data pelengkap seperti contohnya kebutuhan khusus yang dilayani di sekolah tersebut (khusus untuk SLB/SDLB/SMPLB), status kepemilikan, SK pendirian, SK akreditasi, nomor rekening BOS, MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), luas tanah milik, dan lain-lain. Sedangkan untuk isian kontak sekolah isiannya adalah nomor telepon, nomor fax (jika ada), email sekolah, dan website sekolah (tidak wajib diiisi).

Gambar 1.4 laman isian data pelengkap dan kontak sekolah

              Gambar 1.5 pengisian data pelengkap sekolah

Data Periodik
Tabel data periodik terletak di bawah data rinci sekolah. Beberapa isian yang ada pada tabel data periodik adalah sumber listrik, waktu penyelenggaraan sekolah, sertifikasi ISO, daya listrik (watt), akses internet 1 dan akses internet 2.



          Gambar 1.6 pengisian waktu penyelenggaraan sekolah

Sanitasi & Blockgrant
Pada formulir ini, operator harus mengisi fasilitas penunjang kebutuhan sanitasi sekolahnya.Contoh isian didalamnya antara lain kecukupan air, jumlah toilet laki-laki dan perempuan, jumlah toilet berkebutuhan khusus (untuk SLB), sumber air, jumlah tempat cuci tangan, dll.

                                Gambar 1.7 laman sanitasi
Selanjutnya, tabulasi blockgrant diisi dengan bantuan-bantuan apa saja yang pernah diterima sekolah, tahun berapa bantuan tersebut diterima, jenis bantuannya, sumber dana, besar bantuan, dana pendamping, dan peruntukan dana.

                              Gambar 1.8 laman sanitasi
Akreditasi & Program Inklusi
Pada tabulasi akreditasi diisi dengan akreditasi sekolah tersebut, SK akreditasi, TMT akreditasi, TST akreditasi (kosongkan jika sekolah sudah tidak terakreditasi), jenis akreditasi, dan terakhir lembaga yang mengeluarkan SK akreditasi. Untuk sekolah yang belum terakreditasi, formulir ini dikosongkan.

                        Gambar 1.9 laman akreditasi

Selanjutnya, isian program inklusi ini dikhususkan untuk sekolah yang mengadakan program inklusi. Dimana inklusi itu sendiri adalah sekolah-sekolah normal yang menyelenggarakan/ menerima peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Isian pada tabel program inklusi ini adalah kebutuhan khusus yang dilayani, SK program inklusi, TMT program inklusi, TST program inklusi (kosongkan jika sekolah masih mengadakan program inklusi), dan keterangan tambahan terkait program inklusi sekolah.


                     Gambar 1.10 laman program inklusi
Program inklusi adalah program di sekolah regular baik SD maupun SMP yang menerima peserta didik berkebutuhan khusus dan ini biasanya ada surat resmi penunjukkan dari dinas pendidikan provinsi ke sekolah-sekolah tertentu yang menyelenggarakannya di wilayah kerjanya.

Informasi Terbaru

Back To Top