Fungsi Panel Pada Tampilan Menu Beranda Dapodikdas 3.0.2

Salam Dapodik News. Salam Sejahtera untuk anda operator sekolah dimanapun anda berada, Sebelum teman-teman Administrator  memulai untuk Pengisian Data Ataupun Menggunakan Aplikasi Yang terdapat pada Tampilan Beranda Aplikasi dapodikdas Alangkah baiknya jika Teman-teman mengenal lebih jauh beberapa Fungsi Fanel yang Terdapat Pada tampilan beranda dapodikdas untuk itu kami akan sharing sedikit dengan anda  tentang Fungsi Masing-masing Panel  yang terdapat Pada Tampilan Beranda Dapodikdas versi 3.0.2.

                               laman beranda

Berikut Fungsi Masing-masing Panel Tampilan Beranda Dapodikdas V.3.0.2:
Tab/Halaman Aplikasi :
Menu untuk mengakses tabulasi-tabulasi utama seperti tab beranda, sekolah, peserta didik, PTK, prasarana, dan rombel.
Periode Pendataan:
Menu untuk memilih periode semester dan tahun ajaran entri data yang akan dilakukan.
Portlet/Jendela Aplikasi:
Menu awal untuk melihat identitas sekolah, informasi, persentase kerusakan prasarana, jumlah peserta didik per tingkat, sinkronisasi, dan validasi.
Identitas Sekolah
Tampilan identitas sekolah ynag terletak di kiri atas tab beranda di aplikasi. Terdiri dari nama sekolah, kab/kota, kecamatan, semester/ tahun ajaran, nama operator, dan nama kepala sekolah.
Informasi
Tampilan informasi untuk versi aplikasi dan versi database yang dipakai serta tautan menuju web portal/manajemen pendataan.
Kerusakan Prasarana
Melihat persentase kerusakan prasarana (rusak ringan, sedang, berat).
Jumlah Peserta didik/ Tingkat
Melihat jumlah peserta didik per rombel yang sudah dimasukkan ke dalam rombel.
Validasi Data
Validasi dalam aplikasi dapodik ini bertujuan untuk mencegah data invalid masuk ke server pada saat sinkronisasi online.
Update Log Sinkronisasi
Untuk melihat kiriman data hasil sinkronisasi, tanggal dan jam sinkronisasi, berapa kiriman datanya, serta berapa data yang sudah diterima oleh server.
Export UN
Untuk membantu mengecek data peserta didik yang akan mengikuti Ujian Nasional dimana selanjutnya file hasil export UN ini diberikan kepada dinas pengelola UN di masing-masing kabupaten/kota.
Laporan (Profil Sekolah & Absensi Peserta Didik)
Untuk mengunduh profil sekolah dalam bentuk file excel yang didalamnya berisi identitas sekolah, peserta didik, PTK, rombel, dan absensi peserta didik sesuai dengan data yang sudah dimasukkan di aplikasi.

Sinkronisasi
Sinkronisasi online adalah proses dimana dilakukannya penyesuaian data antara data di server pusat dengan data yang ada di Aplikasi Dapodik sekolah.
Validasi
Validasi dalam aplikasi dapodik ini bertujuan untuk mencegah data invalid masuk ke server pada saat sinkronisasi online. Validasi disini terdiri dari:
Validasi Kelengkapan Data
Validasi Kebenaran Data
Validasi Kewajaran Data
Validasi Integritas Data

Informasi Terbaru

Back To Top