Cara Mendownload File Generate Prefill Di Aplikasi Dapodikdas Versi 3.0.

Salam Dapodik News.


Sebelum Teman  Administrator Dapat Menggunakan Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.2 Terlebih dahulu Teman Administrator  harus mendownload Generate Prefill,  Generate prefill sendiri   adalah sebuah proses  yang  berguna sebagai back up  database dapodik yang  diambil dari  server  dapodik. Hasil  generate prefill  diambil dari  hasil  sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik  ke dalam file database per sekolah (dalam bentuk file *.prf ).

Teman Administrator dapat Melakukan Proses generate prefill di masing-masing sekolah, Akan Tetapi untuk mendownload prefill hasil dari  generate tentu saja hanya bisa  dilakukan oleh  mereka yang mengetahui kode  registrasi sekolah dalam dapodikdas Misalnya Operator sekolah dan Kepala sekolah .

Untuk Bisa  melakukan generate prefill,Pertama Teman Operator  harus mengunjungi laman generate prefill di alamat :
http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php
Kemudian Teman administrator harus memilih  data mana yang  akan  dijadikan “kata kunci”, apakah NPSN atau kode registrasi sekolah.
Jika sudah diinputkan, kemudian  teman administrator bisa klik  “Generate”, dan  tunggu sampai proses generate prefill selesai.

Jika  proses generate prefill  sudah selesai,  maka   akan  muncul  tampilan Seperti ini  “pembuatan prefill berhasil dilakukan “
Dengan demikian Teman Administrator  sudah  dapat  mengambil  file prefill  terbaru (hasil  generate) pada laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php
Kemudian teman Operator bisa Masukkan kode  registrasi sekolah tersebut, kemudian klik “Download”.
Jika kode  registrasi yang   dimasukkan  benar,  maka   akan   muncul  data  prefill   yang   bisa   diunduh  dengan menekan Tombol tulisan “disini”

Unduhan file prefill  tersebut (berekstensi *.prf),  Kemudian buat folder bernama “prefill_dapodik” di system C:/, lalu copy file prefill yang sudah diunduh tadi ke dalam folder  tersebut.
Setelah itu anda sudah Bisa  membuka  aplikasi  dapodikdas versi 3.02 Untuk  melakukan “Proses Registrasi”

“Sekian Dan Terima Kasih Semoga Bermanfaat”

Informasi Terbaru

Back To Top